DAERAH  

Bupati Surunuddin Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Ramadan 1443 H

Ketgam, Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga, ST.,MM.

ANOAPOS.COM | KONSEL – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan besaran zakat fitrah pada Ramadan 1443 Hijriah. Penetapan besaran dan pendayagunaan zakat fitrah di wilayah Konsel itu, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 451.12/151 tahun 2022.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga,ST.,MM dalam SK tersebut menyebut telah menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam untuk mengeluarkan zakat fitrah pada setiap bulan suci Ramadan. Penetapan besaran zakat fitrah, pembagian dan pendayagunaannya dirasa perlu untuk tertibnya pengumpulan zakat fitrah.

BACA JUGA:  Pemda Konut Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Tahun 2022

“Jenis dan besaran zakat fitrah yang berlaku di Wilayah Kabupaten Konawe Selatan untuk tahun 1443 H/2022 M adalah jenis makanan pokok sebanyak 3,5 liter yang terbagi dalam tiga kategori yaitu bagi yang mengkonsumsi jenis bahan makanan pokok beras super dan apabila diuangkan adalah sebesar Rp.31.500 per jiwa,” ujarnya.

Kemudian, bagi yang mengkonsumsi jenis bahan makanan pokok beras medium dan apabila diuangkan adalah sebesar Rp.28.000. Sedangkan yang menkonsumsi jenis bahan makanan pokok non beras apabila di uangkan adalah sebesar Rp.17.500.

“Untuk jenis zakat maal, infaq atau sedekah dikumpul digunakan sesuai ketentuan syariat Islam oleh UPZ Desa atau Kelurahan yang selanjutnya di laporkan ke Badan Zakat Nasional Kabupaten Konsel, besaran zakat maal adalah 2,5 persen. Sedangkan infaq dan sedekah sesuai dengan ke ikhlasan karena Allah tanpa ada unsur paksaan,” ucap Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga.

Menurutnya, Pendistribusian zakat fitrah untuk para mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat) , disalurkan selambat-lambatnya pada malam takbiran hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi