• Sen. Sep 26th, 2022

Disbun dan Hortikultura Konut, Genjot Produktivitas Petani

ByAras Moita

Apr 17, 2022
Ketgam, Kadis Perkebunan dan Hortikultura Konawe Utara, Yuliatin,SP.,M.Si (kiri), rencana lokasi pembangunan embung sebagai pendukung kegiatan hortikultura di desa Polora Indah (kanan).

ANOAPOS.COM | KONUT – Diketahui tahun 2022 ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang melakukan langkah peningkatan produktivitas petani.

Pelaksanaan Program itu sedang genjot dan menyusur terhadap pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, khusus disektor perkebunan dan hortikultura.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Konut Yuliatin,SP., M.Si menjelaskan bahwa dibawah kepemimpinan Ruksamin-Abuhaera (Rabu) telah melahirkan program “Konasara jilid II” diantaranya adalah prasarana dan sarana lahan Perkebunan dan Hortikultura di Kab.Konawe Utara.

Ketgam, Kabid PSP dan Harmawan ,SP (kanan) saat meninjau rencana lokasi kegiatan irigasi perpompaan di Desa Mekar Jaya Kec. Langgikima.

” Jadi program tersebut harus genjot , sehingga target pembangunan pada sektor ini, bisa tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Yuliatin.

Sementara itu, Kabid PSP melalui Kasie Pengelolaan Air dan Sarana, Harmawan,SP menambahkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan petani Hortikultura dalam hal ini sayur sayuran, Tahun 2022 ini ada Kelompok Tani Samaturu Desa Polora Indah Kecamatan Langgikima mendapatkan bantuan Irigasi Embung serta Kelompok Tani Damai Desa Mekar Jaya Kec.Langgikima juga mendapatkan Bantuan Irigasi Perpompaan yang bertujuan untuk mendukung kawasan perkebunan.

Baca juga -->  Bidang Propam Polda Sultra, Laksanakan Supervisi Opsgaktiblin Di Polres Konawe

” Kemudian anggaran bantuan bitu, bersumber dari APBN Kementerian Pertanian RI tahun 2022 yang langsung diterima oleh Petani melalui wadah kelompok,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Syarat yang harus di siapkan untuk mendapatkan bantuan tersebut,, yaitu Antara lain :

1). SK kelompok yang terdaftar di SIMLUHTAN.

2). Proposal melampirkan Foto copy KTP anggota kelompok.

3). Lokasi yang jelas dan akan di tinjau langsung oleh TIM Kasie Pengelolaan Air dan Sarana bersama Dengan Koordinator PPL

Dan masih banyak lagi bantuan yang akan di salurkan diantaranya Alsintan untuk mendukung lahan Hortikultura ada perkebunan di Bumi Oheo Kabupaten Konawe Utara.

Aras Moita
Author: Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.