DAERAH  

Gegara Tapal Batas, Warga Landipo Demo di DPRD Konsel

Ketgam, Warga Masyarakat Desa Landipo saat melakukan aksi unjuk rasa di gedung DPRD Konsel pada Senin (18/04/2022). foto : Jamuddin

ANOAPOS.COM | KONSEL – Diduga masalah tapal batas, Warga Desa Landipo Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Menggugat untuk Keadilan Desa Landipo mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel.

Demo atau unjuk rasa tersebut karena warga Desa Landipo telah menempuh segala upaya untuk menyelesaikan persoalan tapal batas desa yang diduga dilakukan oleh oknum Kepala Desa Landipo inisial HT.

Ketgam, Perwakilan masyarakat Landipo saat diterima Ketua DPRD Konsel

Perjuangan warga desa tersebut akhirnya di terima oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo dan para wakil ketua dewan serta ketua ketua praksi yang ada di DPRD Konsel.

BACA JUGA:  PEMDA KONAWE UTARA MULAI SAFARI RAMADHAN 1443 H

Perwakilan unjuk rasa warga desa landipo yang diterima di aula rapat lantai dua kantor DPRD Konsel telah menyampaikan beberapa poin tuntutan mereka, di antaranya :

1). Masyarakat meminta kepada dewan untuk turun langsung menyelesaikan persoalan tapal batas desa yang di anggap terang terangan merugikan warga desa Landipo kecamatan Moramo.

2). Meminta kepada Dewan untuk mengeluarkan rekomendasi guna pemberhentian oknum kepala desa landipo kepada Bupati Konawe Selatan.

Menanggapi tuntutan warga, mengenai rekomendasi pemberhentian kepala desa bahwa dewan dapat mengeluarkan rekomendasi dalam satu kali dua puluh empat jam,tetapi hal itu jika memenuhi syarat sebab jika menyangkut penggunaan anggaran ada dalam kewenangan auditor, persoalannya ini cukup rumit, namun jika auditor menyatakan ada unsur penyelewengan dan telah melewati semua prosedur maka hal itu,berada pada kewenangan aparat penegak hukum (APH).

BACA JUGA:  Bidang Propam Polda Sultra, Laksanakan Supervisi Opsgaktiblin Di Polres Konawe

Menanggapi persoalan tapal batas,Irham Ketua DPRD konsel, tidak ingin memperpanjang dialog, setelah memperhatikan tuntutan warga tersebut serta dialog yang semakin larut,maka dari hasil bersama para wakil ketua dewan dan fraksi,maka di ambil kesimpulan bahwa Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD)akan secepatnya turun langsung kelapangan, yang di sepakati yaitu pada Senin 24 April 2022 di aula kecamatan Moramo dan akan melibatkan semua elemen terkait.

BACA JUGA:  Pisah Sambut Kajari Konawe, Ruksamin Ikut Hadir Langsung

“pada proses mediasi nanti di aula kecamatan Moramo. di harapkan semua pihak dapat menahan diri, jangan sampai ada yang anarkis,jika hal tersebut terjadi, maka persoalan tersebut akan di tangani oleh aparat penegak hukum secara terpisah,” tegas Irham Kelenggo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi