DINAS PERIKANAN KONUT DAN RARE MELAKUKAN PENDATAAN KARTU KUSUKA

Ketgam, proses pendataan nelayan di Desa Tanjung Laimeo Kecamatan Sawa , Selasa (06/09/2022).

ANOAPOS.COM | KONUT – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perikanan Konut , saat ini melakukan pendataan Nelayan calon penerima Kartu KUSUKA ( Kartu Pelaku Usaha Perikanan dan Kelautan).

Kartu ini dapat digunakan sebagai identitas tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan terkhusus bagi masyarakat Nelayan yang tergabung didalam Forum Nelayan Teluk Lasolo (FNTL) yang berada di Kecamatan Sawa, Kecamatan Lembo dan Kecamatan Wawolesea.

Selain Dinas Perikanan Konawe Utara, Kegiatan ini juga melibatkan dari Penyuluh Perikanan Kab. Konawe Utara kementrian kelautan dan perikanan serta LSM Rare yang dimulai sejak 6 September 2022 dan akan berakhir pada 9 September 2022 di 11 Desa.

BACA JUGA:  PT.JMN Menggelar Studi AMDAL Rencana Penambangan Tanah Urug di Kec.Motui
Iklan

Hal tersebut sebagaimana yang di jelaskan oleh Bupati Konut H.Ruksamin melalui Plt.Kadis Perikanan Konut , Insanidin Tajuddin,S.STPi saat di hubungi Anoapos.com pada Rabu (07/08/2022).

” Sistem, Mekanisme dan Prosedurnya yaitu pemohon mengisi formulir pengajuan
Kartu KUSUKA. Kemudian Petugas memproses input data dan validasi awal formulir pengajuan kartu KUSUKA. setelah itu, Petugas pendata melakukan rekomendasi pengajuan Kartu KUSUKA untuk diproses selanjutnya di Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk penerbitan Kartu KUSUKA,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Giat HUT Konsel Ke-19, IMI Konsel Mengelar Traill Adventure
Ketgam, Pendataan nelayan Desa Laimeo dan Desa Ulusawa.

Dikatakan, Bagi masyarakat nelayan yang hendak mengajukan Kartu KUSUKA, Mereka harus membawa Kartu Tanda Penduduk yang asli dan menunjukkan kepada petugas pendata.

Sementara itu, beberapa Nelayan tradisional asal yang tergabung menjadi anggota Forum Nelayan Teluk Lasolo mengungkapkan bahwa selain pelayanan yang mudah dan cepat, pendaftaran dan pendataan ini, tidak dipungut biaya kepada pemohon.

” Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Konut , karena kegiatan ini sangat memudahkan kami sebagai nelayan,” kata para nelayan yang ditemui awak media disela-sela antrian pendaftaran Kartu Kusuka.

BACA JUGA:  DPC Peradi Unaaha, Resmi Terbentuk

Untuk diketahui, Masyarakat nelayan yang berada di wilayah pesisir Kecamatan Sawa,Lembo dan Wawolesea sangat antusias mengikuti program kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi