DAERAH  

Abu Haera Membuka Rakor Optimalisasi Perda KLA

Ketgam, Wakil Bupati Konut H.Abu Haera saat membuka Rakor KLA pada Selasa (11/10/2022). foto : istimewa.

ANOAPOS.COM | KONUT – Wakil Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) , H. Abuhaera, S. Sos., M. Si membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kabupaten Layak Anak (KLA) dan tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) bertempat di Aula Hotel Oheo pada 11 Oktober 2022.

Dalam sambutan Bupati Konut yang dibacakan oleh Wakil Bupati mengatakan rapat koordinasi optimalisasi dilaksanakan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2022 dan Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2022.

” Perda ini ditetapkan tentunya bukan hanya sebagai bahan untuk menggugurkan kewajiban atau hanya sekedar dibentuk untuk memenuhi kebutuhan data, namun jauh lebih penting bahwa Perda ini dibentuk untuk menjawab tuntutan masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan dasar pemerintah daerah terkait pemenuhan Hak Anak, serta memberi kepastian hukum dalam penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten Konawe Utara,” kata Abu Haera.

Berdasarkan hal tersebut, maka Pemerintah Daerah memiliki kewajiban dan tanggung jawab antara lain :

1). Menetapkan kebijakan Perlindungan Perempuan dan Anak.

2). Melaksanakan kebijakan Perlindungan Perempuan dan Anak dari tindak kekerasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3). Melakukan kerjasama dalam penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak serta memberikan dukungan sarana dan prasarana pelaksanaan Perlindungan Perempuan dan Anak.

Selain itu kata Abu Haera , Pemerintah Daerah berkewajiban mengalokasikan anggaran penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, membina dan mengawasi penyelenggaraannya sehingga Konawe Utara menjadi Kabupaten Layak Anak.

Untuk diketahui , Rapat koordinasi ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Konawe Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe Utara, Hj. Nurponirah Ruksamin, S. Sos., MM., Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Utara.

Aras Moita
Author: Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi