DAERAH  

Realisasi Ketahanan Pangan, Kades Matanggonawe Tabur Benih Ikan Dan Cetak Sawah

Ketgam, Kades Matanggonawe , Limpo (kanan) sedang melepaskan bening ikan bersawa warga.

ANOAPOS.COM | KONUT – Pemerintah Desa (Pemdes) Matanggonawe Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merealisasikan program Ketahanan Pangan dengan Budidaya Ikan Air Tawar.

Dengan kesiapan anggaran dari Dana Desa (DD APBN) Tahun Anggaran 2022 sejumlah 20 %, Pemdes Matanggonawe bersama warga melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar yang diharapkan mampu meningkatkan gizi masyarakat dan ketersediaan pangan desa.

” Tahun 2022 ini kita berusaha mengembangkan budidaya ikan air tawar dan cetak sawah seluas 4 hektar dimana anggaran ini berasal dari DD APBN sebanyak 20 persen tahun 2022. Tentu kegiatan ini atas kesepakatan bersama Pemerintah Desa dan Masyarakat yang disetujui oleh BPD desa,” Kata Kades Matanggonawe, Limpo saat di hubungi anoapos.com , Minggu (16/10/2022).

Menurut Limpo, kita berharap dengan program ketahanan pangan dapat menstabilkan inflasi setelah kita mengalami masa transisi ekonomi dari dampak vandemi Covid-19.

” Budidaya perikanan dan sektor pertanian tanaman pangan di desa ini, juga sangat potensial. Dengan ketersediaan lahan , dapat kami manfaatkan dengan baik untuk masyarakat ,” ucap kades dua periode ini.

Ketgam, proses percetakan sawah di Desa Matanggonawe dengan luas 4 hektar.

Ditambahkan, selain ketahanan pangan desa, Realisasi Dana Desa di Matanggonawe adalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) 40 %.

Aras Moita
Author: Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi