Tingkatkan Ketahanan Pangan,Kadis PMD Panen Sayur Di Ambake

Ketgam, Kadis PMD Konut H.Alisa,S.Si,.M.Si (tengah) bersama Sekertaris DPMD dan Kades Ambake serta warga saat panen raya sayur di Kebun Desa Ambake, Selasa (25/10/2022).

ANOAPOS.COM | KONUT – Ketahanan pangan di Desa adalah Kondisi terpenuhinya Pangan bagi masyarakat desa sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya Pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyaraka.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD Konut) Hj.Alisa,S.Si,M.Si kepada Anoapos.com pada saat melakukan panen raya sayur di Desa Ambake Kecamatan Andowia pada Selasa (25/10/2022).

” Hasil panen raya hari ini dapat mengatasi inflasi didesa Ambake. Dan ini merupakan bahagian dari tindak lanjut program Pemerintah Daerah terhadap ketersediaan pangan daerah dengan Program Pemanfaatan Kebun dan Pekarangan,” kata Hj.Alisa.

Menurut Alisa sapaan akrabnya bahwa kegiatan PPKP di Konawe Utara sangat kita harapkan untuk masif dilaksanakan di tingkat desa.

” Manfaat PPKP sangat berdampak positif terhadap masyarakat di Desa khususnya pada Sektor Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat. Setidaknya, warga desa dimudahkan untuk kebutuhan sayur dan palawija serta gizi masyarakat bisa ditingkatkan. Pemerintah Daerah juga berharap agar semua desa dapat melaksanakan program ini secara menyeluruh sekaligus memanfaatkan ketersediaan anggaran Dana Desa sejumlah 20 %,” harap Kadis PMD Konut.

Pasalnya, Untuk hasil panen masyarakat sudah dapat dibeli oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Konut.

Untuk diketahui, Panen raya sayur di Desa Ambake di laksanakan oleh Pemerintah Desa Ambake di hadiri oleh Kadis PMD dan Sekertaris PMD, Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Konut, serta di ikuti oleh beberapa warga. Untuk jenis sayur yang dipanen adalah mayoritas sayur kangkung dengan luas areal 1 Hektar.

Aras Moita
Author: Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi