Desa Sambasule Berupaya Menekan Inflasi Pasca Vandemi Covid-19

ANOAPOS.COM | KONUT – Pemerintah Desa Sambasule Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama-sama warga berupaya menekan inflasi setelah pasca Vandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) yang lalu.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan pemberdayaan Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022, Pemerintah bersama masyarakat membuka kebun dan pekarangan kolektif dan budidaya tanaman sayuran dan palawija.

Iklan

Dari anggaran Rp.600 juta lebih, 20 % di alokasikan untuk ketahanan pangan desa dengan luas kebun Konasara secara kolektif 1 hektar. Sisa dari itu pemerintah Desa Sambasule memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 67 KK serta juga pemberian obat dan minuman herbal untuk meningkatkan imunitas warga.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kades Sambasule, Pudin,SE saat dikonfirmasi Anoapos.com pada Senin (31/10/2022).

Ketgam, Kades Sambasule Kec.Motui, Pudin,SE sedang panen sayur di kebun kolektif.

” Selain program pusat tentang ketahanan pangan, kita tetap berkomitmen melaksanakan program Pemda Konut melalui Program PPKP membuka Kebun Konasara secara kolektif di desa ini. Selain itu di pasca pandemi Covid-19, kami memberikan BLT dan untuk kesehatan masyarakat dengan pemberian suplemen dan minuman herbal yang bertujuan meningkatkan imunitas masyarakat,” kata Pudin.

Menurut Alumni Universitas Muhammadiyah Kendari tahun 2010, Pudin menambahkan pengelolaan anggaran pembangunan desa, seluruhnya dikelola oleh bahagian keuangan desa.

Ketgam, salah satu warga Desa Sambasule usai panen sayur dikebun kolektif.

” Semua program dan Visi dan Misi Konasara Jilid 2, kita terus wujudkan,” tutup Kades Sambasule.

Aras Moita
Author: Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi