DAERAH  

Melalui Lomba Desa Tematik, Desa Matandahi Promosi Potensi Unggulan

 

Ketgam, Ketua Tim Lomba Desa Tematik tahun 2022, Rahmat Halik (kiri). foto : AM.

ANOAPOS.COM | KONUT –Sebagai Perwakilan Desa Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Desa Matandahi Kecamatan Motui, Hari ini mendapat penilaian dari Tim Penilai Pemprov Sultra pada Jumat (11/11/2022).

Kegiatan ini di mulai proses penyambutan oleh Pemerintah Desa Matandahi dan masyarakat kepada rombongan Tim Penilai Lomba Desa Tematik tingkat Provinsi Sultra di balai Desa Matandahi.

Turut hadir dalam acara itu yaitu Asisten 1 Sekda Konut, Kadis dan Sekretaris PMD Konut bersama jajarannya, Sekcam Motui, Pendamping Desa, Perangkat Desa, BPD , Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Desa Matandahi.

Dalam rangkaian acara lomba Desa Tematik tersebut, diawali dari pemaparan secara umum oleh Kades Matandahi ,Hasrudin tentang pelaksanaan Pemerintahan,Pembangunan ,Pemberdayaan dan Pembinaan kemasyarakatan di wilayahnya. Kemudian dalam acara yang penuh hikmat ini, Tim Penilai melakukan berbagai pertanyaan kepada Pemerintah Desa Matandahi terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan yang telah dipaparkan sebelumnya.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tematik Tingkat Provinsi Sultra tahun 2022, Rahmat Halik mengatakan bahwa Wilayah Desa Matandahi memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah dan bisa meningkatkan ekonomi desa diantaranya adalah Sektor Pertanian dan perikanan.

” Saya melihat potensi Budidaya Kepiting Bakau yang menjadi potensi unggulan Desa Matandahi, ini sangat menjanjikan. Dan jika dikelola dengan baik, akan menjadi sumber ekonomi unggulan. Jika perlu, Desa Matandahi bisa dipromosikan menjadi daerah Desa Kepting saking banyaknya kepiting diwilayah ini,” kata Rahmat Halik yang disusul denga tepuk tangan riang dari seluruh masyarakat Desa Matandahi.

Menurut Kabid Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Sultra tersebut, terkait dengan proses penilaian lomba ini, ada tahapan yang dilakukan yaitu mendengar penjelasan dari peserta kemudia kita melakukan penilai administrasi dan pisik.

Sementara itu, Kadis PMD Konut, Hj.Alisa,S.Si,M.Si pihaknya menjelaskan Desa Matandahi menjadi perwakilan Kabupaten Konut , Karena Desa ini kami anggap siap mengikuti kegiatan.

” Seluruh data administrasi dan data pisik pelaksanaan pembangunan di Desa Matandahi, sudah cukup mumpuni untuk mewakili Kabupaten Konawe Utara. Salah satunya adalah ketersediaan data, Pisik Sarana Umum dan kegiatan pemanfaatan potensi unggulan yang ada ,” ucap Hj.Alisa.

Kepala Desa Matandahi, Hasrudin menambahkan bahwa Pihaknya mengikuti kompetisi Lomba Desa Tematik tahun 2022 karena mendapat kepercayaan dan dukungan dari Pemda Konut, Pemerintah Kecamatan Motui dan Masyarakat Desa Matandahi.

” Seluruh materi penilaian lomba ini, kami siapkan. Mulai data administrasi kita siapkan, data pisik juga kita tunjukkan kepada Tim Penilai. Untuk saran dan masukan dari Pemerintah, kami berupaya laksanakan sesuai ketentuan Perundang-undangan dan Peraturan yang berlaku,” kata Hasrudin.

Menurut Kades Matandahi 3 periode ini, Hasrudin mengungkapkan, Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta menekan inflasi desa, Pemdes beserta masyarakat mengembangkan potensi unggulan yang ada serta mensukseskan Program Pemerintah Pusat dan Program Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara yang ada di dalam visi misi KONASARA Jilid 2 .

” Pengembangan potensi unggulan di Desa Matandahi ada dua sektor yaitu Pertanian dalam pemanfaatan kebun dan pekarangan sedangkan untuk sektor Perikanan, kita melakukan pengembangan budidaya kepiting bakau dengan potensi tambak berjumlah 40 hektar,” tutupnya.

Untuk diketahui, Lomba Desa Tematik Tingkat Sultra tahun 2022 iikuti oleh 15 Kabupaten/Kota Se-Sultra, diantaranya Kabupaten Konawe Utara, Kolaka Utara,Muna Barat,Konawe dan Konawe Kepulauan, Bombana , Kolaka, Buton Tengah,Buton Utara ,Buton Selatan, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Muna, Wakatobi dan Buton.

 

Aras Moita
Author: Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi