DAERAH  

Bang Jay Peduli Gelar Kegiatan Sosial di Kampung Tua Kota Wuna

 

 

ANOAPOS.COM | MUNA – Bang Jay peduli menggelar kegiatan sosial di Kota Wuna atau Kampung Lama Muna, Sabtu 17 Desember 2022. Kegiatan sosial yang dipusatkan di masjid Kota Wuna ini berupa pengobatan gratis bagi masyarakat yang bermukim di sekitaran Kota Wuna Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam kegiatan ini, Bang Jay Peduli turut menggandeng petugas kesehatan. Selain pengobatan gratis, pihaknya juga membagikan makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita.

Jaelani menyatakan, kegiatan sosial ini jauh hari telah direncanakan sebelumnya. Ia menyebut, masyarakat di daerah-daerah terpencil seperti di Kota Wuna, minim akses kesehatan. Untuk itu, pengobatan gratis ini menjadi pilihan kegiatan sosial tersebut.

BACA JUGA:  IPPMB Menolak Camat Yang Bukan ASN Berdomisili di Kec.Besulutu

“Mereka cukup jauh dengan fasilitas kesehatan. Untuk itu, kami bersama komunitas Bang Jay Peduli menggelar kegiatan sosial pengobatan gratis,” kata Jaelani dalam keterangannya.

Ia menyebut, warga yang mengikuti pengobatan gratis turut mendapatkan souvenir yang diproduksi oleh UMKM binaan Rumah BUMN di Kabupaten Muna. Di antaranya, olahan teh kelor, kopi hitam, olahan rumput laut, olahan teh jahe dan beragam produk unggulan lainnya.

Menurut dia, kolaborasi antar-komunitas dalam kegiatan sosial perlu ditumbuhkan agar meningkatkan rasa kepedulian dan kebersamaan.

BACA JUGA:  Kejati Sultra Diminta Lidik Soal Dana UP DPRD Butur

“Kita harus menumbuhkan rasa solidaritas bersama untuk saling membantu,” tuturnya.

Ia melanjutkan, selain masuk lokasi terpencil, Kota Wuna adalah saksi sejarah peradaban suku Muna. Dulu, daerah itu adalah pusat Kerajaan Muna.

Untuk itu, digelarnya kegiatan sosial di Kota Wuna sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur yang mengawali kehidupan masyarakat Muna.

“Kota Wuna, kota sejarah peradaban Suku Muna. Tentu kita harus memberikan perhatian karena leluhur kita lahir dan besar di daerah ini,” katanya.

BACA JUGA:  Perayaan HUT Konut Ke-15 Tahun 2022 Dihiasi 48 Barisan Carnaval Budaya Nusantara

Jaelani berharap, kegiatan sosial ini bisa menginspirasi komunitas lainnya untuk saling berbagi dan menularkan rasa solidaritas sesama.

“Kegiatan serupa juga akan kita lakukan di daerah lain yang sulit terjangkau,” imbuhnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi