DAERAH  

Kirab Budaya Nusantara di Pantai Tanjung Taipa, Kecamatan Sawa Tampilkan Kapal Hias Konasara

 

Festival Konasara di Pantai Tanjung Taipa, Kecamatan Sawa Tampilkan Kapal Hias Konasara

ANOAPOS.COM | KONUT – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kebupaten Konawe Utara yang Ke -16 pad tanggal 2 Januari 2023 mendatang, Pemda Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar berbagai kegiatan yang menarik bagi masyarakat di bumi Oheo dan Bumi Anoa pada umumnya.

Salah satunya adalah pawai kirab Budaya Nusantara yang dipastikan akan berlangsung meriah di Obyek Wisata Tanjung Taipa Desa Taipa Kecamatan Lembo.

Seluruh kecamatan diwilayah Kabupaten Konawe Utara turut serta mendukung dan memeriahkan perhelatan kegiatan tahunan tersebut. Termasuk kecamatan Sawa juga ikut mengisi berbagai jenis kegiatan yang disiapkan oleh pihak Panitia pelaksana kegiatan ini.

Khusus untuk kegiatan kirab Budaya Nusantara yang akan dilaksanakan pada Jumat 30 Desember 2022 (besok) , Kecamatan Sawa akan menampilkan kapal hias Konasara. Dimana kapal tersebut dibuat dari bahan dasar kayu lokal dan pernak pernik hiasan khas adat suku tolaki yang dikombinasikan dengan ornamen dan hiasan beberapa etnis atau suku yang mendiami wilayah kecamatan sawa.

BACA JUGA:  Ruksamin ; Demi Rakyat Proses Anggaran, Harus Dipercepat

Pembuatan kapal hias Konasara ini dikerjakan oleh para perancang kapal tradisional di pesisir pantai sawa. Ukuran dan bentuk kapal tersebut menyerupai kapal pinisi yang memiliki tiang layar utama setinggi 3 meter dan panjang kapal 12 meter lebar 180 cm.

Saat merayap di atas aspal hitam jalan wisata pantai Tanjung taipa, Kapal Konasara ini akan dipenuhi muatan yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan hasil panen petani serta beberapa jenis ikan olahan warga nelayan pesisir di wilayah kecamatan sawa.

Camat Sawa, Asrun ,S.Ag,M.A.P kepada anoapos.com, pihaknya menjelaskan bahwa pembuatan Kapal Hias Konasara ini telah dirancang khusus oleh para nelayan yang biasa membuat perahu atau kapal.

” Kapal ini kita akan tampilkan pada kegiatan Kirab Budaya Nusantara obyek wisata Tanjung Taipa. Hal ini kita lakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kita didalam memeriahkan HUT Konut Ke-16 dan Festival Konasara tahun ini,” kata Asrun.

BACA JUGA:  Pemkab Konut Terima Penghargaan Penyaluran Dana Desa Terbaik Tahap lll Tahun 2022 Tingkat Sultra

Menurut Asrun, untuk persiapan pembuatan Kapal Hias Konasara ini, telah melibatkan semua unsur Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan Kelurahan serta para Tokoh Masyarakat dan Generasi Muda di wilayah Kecamatan Sawa.

” Untuk isi muatan kapal ini, kita akan membawa semua potensi yang ada di wilayah ini. Untuk nahkoda kapal ini yaitu Luale anandonia Kecamatan Sawa serta beberapa kru kapal yang tertiri dari masyarakat nelayan. Sedangkan untuk penggeraknya, kita menggunakan mobil pick up,” ucap Camat Sawa pada Kamis (29/12/2022).

Sementara itu ditempat terpisah, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara dan sekaligus panitia pelaksana kegiatan, telah menerima kedatangan rombongan Kirab Budaya Nusantara dari berbagai pangguyuban adat/budaya yang ada di Sulawesi Tenggara oleh Wakil Bupati Konawe Utara H. Abuhaera, S.Sos., M.Si sekaligus Ketua Umum Panitia Festival Konasara.

Dalam penyambutan ini, Wakil Bupati Konawe Utara H. Abuhaera sedikit memberikan kata sambutan dimana beliau menyampaikan selamat datang bagi para peserta Kirab Budaya.

BACA JUGA:  Menjelang Festival Konasara Akhir Tahun 2022, ASN di Konut Menyerbu Wisata Tanjung Taipa

”Selamat datang untuk para peserta di Bumi Oheo, sebagai Pemerintah Daerah kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada teman-teman peserta kirab budaya.” ungkap H. Abuhaera.

Untuk para peserta Kirab Budaya, Pemerintah Daerah Kab. Konawe Utara menyediakan pemondokan agar bisa dapat dengan nyaman mengikuti acara Karnaval Budaya untuk menyemarakan HUT KONUT ke 16.

Selanjutnya, para peserta tiap-tiap pangguyuban juga mendapatkan pendampingan dari LO yang disediakan Pemda untuk dapat menjalin komunikasi yang baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi