DAERAH  

PPS Konut Dilantik, Begini Pesan Ruksamin

Anoapos.Com | Konut –
Limaratus Sepuluh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Konawe Utara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 resmi dilantik di halaman Komisi Pemilihan Umum , sebagaimana yang dikutip dronesultra.com pada Selasa (24/01/2023).

510 orang Panitia Pemungutan Suara yang telah dilantik terbagi dari 159 Desa dan 11 kelurahan se-Kabupaten Konawe Utara.

Sebagai penyelenggara Pemilu, PPS yang dilantik ini diminta untuk memahami ketentuan perundang-undangan tentang kepemiluan, sebab Pemilu tidak hanya dimaknai sebagai sesuatu yang prosedural berdasarkan tahapan, tetapi juga terkait dengan substansi.

“Jadi, dengan memahami ketentuan peraturan yang mengatur tentang kepemiluan, saya yakin kita bisa memahami apa yang sedang kita laksanakan,” kata Bupati Konut,H.Ruksamin saat menghadiri pelantikan PPS se-Konut.

BACA JUGA:  Bupati Konut Lantik 12 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas

Sebagai ujung tombak penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024, ia berharap, seluruh penyelenggara Pemilu 2024, termasuk PPS dan PPK bisa menjaga integritas, kompetensi, dan memiliki pengetahuan yang memadai terkait kepemiluan.

“Dan yang paling penting adalah netral dalam penyelenggaraan Pemilu, karena di tangan penyelenggaralah kemudian akan memberi warna perjalanan kehidupan bangsa da negara ini untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Dalam penyelenggaraan Pemilu, lanjutnya, ada tiga aspek pelanggaran yang menjadi penekanan kepada penyelenggara, yakni pelanggaran secara administratif, pelanggaran pidana, dan pelanggaran etik.

“Tiga hal ini harus kita hindari bagi seluruh anggota PPS, termasuk PPK yang ada di Konut, sehingga yang kita harapkan bersama warga negara indonesia adalah hadirnya Pemilu 2024 yang jujur, adil, langsung, umum, bebas rahasia, dan penyelenggara Pemilu yang berintegritas,” ucapnya.

BACA JUGA:  PERANGKAT DESA DAN BPD DI KONUT BUDAYAKAN DISIPLIN KERJA

Ditempat yang sama ketua KPU,Sawal Sumarata,mengungkapkan bahwa pelantikan PPS tahun ini,adalah pelantikan yang paripurna.Sebab semua pemangku kebijakan turut hadir dalam pelantikan ini.

“Pelantikan PPS tahun ini adalah pelantikan paling sempurna,Sebab semua pemangku kebijakan hadir dalam pelantikan ini,”Ucapnya

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konut, Syawal Sumarata, S.Si,Saat menyampaikan sambutannya. Syawal Sumarata berharap, PPS yang baru saja dilantik agar bekerja secara profesional dan tetap menjaga integritas.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan pesan bapak Ketua KPU RI Bapak Hasyim Asy’ari, bahwa bapak ibu yang dilantik hari ini agar bekerja secara profesional dan menjaga integritas,” tegasnya.

BACA JUGA:  PPKP Konut Diproyeksi Dapat Menunjang Program Ketahanan Pangan Nasional

Selain itu, Ketua KPU Konut menjelaskan usai pelantikan para PPS tersebut akan mengikuti pembekalan dan orientasi tugas.

“Usai dilantik para PPS kita arahkan untuk mengikuti orientasi tugas atau pembekalan, agar mereka mengetahui tahapan dan tugas mereka,” Jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi