Camat Lasolo Apresiasi Kekompakan Warga Dalam Lomba Antar Dusun Desa Tetelupai

Camat Lasolo, Samsul,SE.,M.Si ( kiri atas).

Anoapos.com | Konut – Kegiatan lomba antar dusun di Desa Tetelupai Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Selawesi Tenggara (Sultra) mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai kalangan termasuk dari Camat Lasolo.

Selain berhasil melalui gerakan gotong royong dari warga secara swadaya dalam pelaksanaan Program Pemanfaatan Kebun dan Pekarangan (P2KP), juga pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang patut menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kecamatan Lasolo yang berjumlah 16 Desa dan 1 Keluarahan.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Camat Lasolo, Samsul, SE,M.Si saat ditemui anoapos.com pada Rabu (26/07 /2023) saat hadir dalam penilaian lomba tingkat dusun di Desa Tetelupai.

Kades Tetelupai Asmudin Moita,S.Ag (kiri) bersama Camat Lasolo sedang melakukan peninjau dan sekaligus ikut panen Kebun Sayur P2KP Dusun 2 Desa Tetelupai.

” Sekarang kita mulai dari desa Tetelupai dan selanjutnya target rencana awal kita akan kembangkan hal yang sama kepada 8 desa di wilayah Kecamatan Lasolo. Mulai penataan lingkungan perumahan warga desa sampai pada pengelolaan dan pemanfaatan potensi desa yang dimiliki termasuk dalam pelaksanaan kegiatan P2KP,” kata Samsul.

BACA JUGA:  AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K Pimpin Sertijab Kasi Propam Polres Konut 

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan desa harus ada inovasi terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat dengan pemanfaatan sumber daya yang ada. Mulai pada sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan peningkatan ekonomi UMKM menjadi prioritas kita untuk bangkit dari dampak pasca pandemi Covid 19 yang lalu.

” Ekonomi desa dan masyarakat harus kita bangkitkan bersama sehingga tujuan pembangunan nasional dan program pemerintah daerah dapat kita wujudkan bersama. Kemudian selaku pemerintah kecamatan Lasolo, saya sangat mengapresiasi karya seni dan hasil kerja keras Pemerintah Desa dan warga masyarakat Desa Tetelupai ini,” tutupnya.

BACA JUGA:  Mewakili Sultra, Ruksamin Terima Tanda Kehormatan Dari Presiden RI

Sementara itu Ketua BPD Tetelupai, Udin.M menambahkan bahwa keberhasilan kegiatan pembangunan didesa ini, tidak luput dari peran serta seluruh pihak pemerintah dan lapisan masyarakat.

” Kegiatan ini swadaya murni dari masyarakat termasuk penyediaan bahan baku rotan , seluruh elemen masyarakat didesa kami ini bahu-membahu mengumpulkan rotan dari hutan kemudian kita manfaatkan untuk membuat pagar pekarangan, membuat tong sampah, meja dan kursi dan berbagai alat rumah tangga,” kata Udin.M yang diketahui mantan Kades Andeo.

Pasalny, dengan pelaksanaan P2KP kebutuhan pangan didesa Tetelupai dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat terutama kebutuhan sayuran.

Untuk diketahui dalam proses pelaksanaan penilaian lomba tingkat dusun tersebut ikut dihadiri oleh Camat Lasolo, Kepala Inspektorat Kab.Konut,

BACA JUGA:  Partai Nasdem Konsel, Konsisten Mendukung Program Pemda

Untuk diketahui Terwujudnya kegiatan ini diawali dengan kekompakan semua pihak.

” Keberhasilan kegiatan ini atas kerja keras dan kekompakan dari semua pihak pemerintah desa dan warga,” singkat Asmudin Moita,S.Ag Kades Tetelupai.

Untuk diketahui hasil lomba tingkat dusun tersebut diraih oleh dusun 2 sebagai juara 1, kemudian Juara 2 diraih oleh dusun 1 serta juara 3 diraih oleh dusun 3.

Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi