Distanak Kab.Konut Bantu Petani Dorong Produksi Pangan

Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Kab.Konawe Utara,Itu.H.Sadeli,M.Si.
Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Kab.Konawe Utara,Itu.H.Sadeli,M.Si.

Anoapos.com | Konut – Dinas Tanaman Pangan, Dan Peternak (Distanak) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan di bidang Pertanian yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah Kabupaten Konut.

Distanak Konut juga mempunyai tugas membantu Bupati Konut untuk melakukan urusan pemerintahan di bidang pertanian meliputi tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan kesehatan hewan, prasarana dan sarana pertanian, dan penyuluhan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Pada Bub Sektor tanaman pangan selain berfokus pada aspek onfarm (budidaya) dalam hal mendorong peningkatan produksi dan produktivitas komoditi tanaman pangan, juga berfokus pada aspek offarm.

BACA JUGA:  Pemda Konut Bakal Tuntaskan Pengaspalan Jalan Kabupaten Tahun 2024

Arah pengembangannya berupa produk tanaman pangan yang dihasilkan dapat memberi nilai tambah bagi pelaku bididaya tersebut.

Terkait Upaya peningkatan nilai tambah, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Konawe Utara terus mendorong pengembangan variasi produk olahan berbasis sumberdaya komoditi tanaman pangan melalui fasilitasi Unit Pengolah Hasil (UPH) agar produk yang dihasilkan dapat berdaya saing.

ojek gabah sedang mengangkut hasil panen petani padi sawah.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Konut tahun 2023 mengalokasikan bantuan benih padi dan pupuk kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Motui, Kecamatan Sawa dan Kecamatan Oheo.

Selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kab.Konut , Ir.H.Sadeli,M.Si beserta Kabid Tanaman pangan telah menyerahkan bantuan benih padi unggul dan pupuk pada musim tanam lalu.

BACA JUGA:  Ruksamin Terima Anugerah World Peace Award dari WPO

“ Alhamdulillah bantuan Benih padi dan pupuk yang telah kita bagikan ke petani, telah di memanfaatkan. Hasil panen mereka terbukti berhasil meningkat menjadi 6 Ton Perhektar. Dimana sebelumnya, petani hanya dapat memproduksi gabah sebanyak 3 sampai 4 ton perhektar saja,” kata Sadeli.

Dikatambahkan bahwa, dalam upaya penanganan kemiskinan ekstrim dan upaya menjaga ketersediaan pangan daerah, kami akan terus memberikan bantuan kepada petani guna lebih meningkatkan daya produknya, meningkatkan nilai jual dan akan meningkatkan pendapat keluarga yang berujung peningkatan kesejahtraan keluarga tani, tentu program ini kita Selaraskan dengan program KONASARA,”’ ungkap Sadeli Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Kab.Konut.

BACA JUGA:  Pimpin Apel Pagi Perdana, Ini Penyampaian Karo SDM Polda Sultra
Kabid Sarpras Distanak Konut,Arjuna,SP.,M.Si

Sementara itu, Kabid Sarpras Distanak Konut, Arjuna,SP.,M.Si menambahkan bahwa untuk memberikan dukungan kepada petani, Pemerintah Daerah Konut menyediakan sarana prasarana alat dan mesin pertanian yang moderen.

” Semua Alsintan telah kita siapkan disetiap wilayah sentral produk,” pungkasnya.

Redaksi

× Chat Redaksi