DAERAH  

Jelang Akhir Ramadhan, Warga Panggulawu Terima BLT DD TA.2022

Ketgam, Bendahara Desa menyerahan BLT kepada KPM di Desa Panggulawu di saksikan oleh Kades, BPD,Babinsa dan Bhabinkamtibmas pada Sabtu (23/04/2022).

ANOAPOS.COM | KONUT – Setelah empat bulan menunggu, sampai menjelang akhir Ramadhan, Warga Desa Panggulawu Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Akhirnya terima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD -APBN) Tahun Anggaran 2022.

Penyaluran BLT tersebut berlangsung secara tunai dari bendahara desa panggulawu kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 33 Kepala Keluarga atau KPM dengan rincian Rp.900.000 / KK.

Ketgam, Kades Panggulawu Jumardin.T sedang menyerahkan masker kepada warga. foto : Aras Moita.

Kepala Desa Panggulawu ,Jumardi .T kepada Anoapos.com pada Sabtu (23/04/2022) dirinya menjelaskan bahwa penyaluran BLT saat ini adalah untuk Anggaran 3 bulan (Januari, Pebruari dan Maret) tahun 2022 yang disalurkan kepada KPM.

” Jadi per KPM, menerima satukali Rp.900.000 dengan cara dibayar tunai langsung dari bendahara desa. Untuk bahan laporan pertanggung jawaban, semua KPM menandatangani bukti tanda terima,” kata Jumardin.T.

Menurut mantan Pendamping Lokal Desa ini, Jumardin menambahkan bahwa dalam penyaluran BLT ini juga di saksikan oleh seluruh pihak termasuk dari PLD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Badan Permusyawaratan Desa Panggulawu.

BACA JUGA:  Jelang Akhir Ramadhan, Alumni SLTP Negeri 1 Sawa Berbagi Takjil

” Meskipun sudah menjelang akhir Ramadhan, namun Alhamdulilah masyarakat sudah dapat memanfaatkan anggaran BLT tersebut. Semoga berkah. Dan penerima manfaat adalah bukan penerima PKH dan BPNT,” ucap Kades Panggulawu.

Dijelaskan, selain program BLT, DD APBN tahun 2022 ini akan digunakan untuk kegiatan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19, Ketahanan Pangan termasuk pemulihan ekonomi masyarakat di Desa Panggulawu.

BACA JUGA:  Kapolres Konut Jadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara Ke–77 di Lapangan Pemda, Begini Pesanya

” Seluruh kegiatan pembangunan berjalan sesuai hasil musyawarah perencanaan serta pengelolaan anggaran berjalan transparan,” tutupnya usai penyerahan BLT di Balai Masyarakat Desa Panggulawu.

Sementara itu salah satu warga dusun 3, Baharudin mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah Khususnya Pemerintah Desa Panggulawu yang telah melayani kami dengan baik.

” Kita juga terbantu dengan penerimaan BLT secara tunai. Karena kalau non tunai, kita harus lagi pergi antrian lama di bank,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelum acara penyerahan BLT DD, Kades Panggulawu mengibau kepada masyarakat agar :

1). Pemilik ternak menertibkan ternaknya.
2).Pembentukan majelis ta’lim.
3). Akan dilakukan musyawarah tentang Sistem penyaluran BLT secara tunai berkelanjutan.
4). Akan dilakukan revitalisasi BUMDes.
5). Akan dibentuk panitia Amil Zakat tingkat Desa Panggulawu.

BACA JUGA:  JANGKAR SULTRA SOROTI INFLASI, NAIKNYA HARGA SEMBAKO DAN MAHALNYA GAS LPG

Menyikapi soal poin pertama, Ketua BPD Panggulawu Abd.Hakim langsung mengklarifikasi bahwa soal ternak yang berkeliaran di wilayah desa panggulawu, adalah ternak dari luar.

Ketgam, situasi menjelang penerimaan BLT

” Ternak yang berkeliaran di wilayah desa panggulawu, adalah ternak dari luar desa ini,” ungkapnya.

Diakhir acara tersebut, Pemerintah Desa membagi masker kepada warga dan baju batik kepada aparat desa yang kemudian ditutup dengan acara buka puasa bersama dengan Aparat Desa, unsur BPD dan masyarakat desa Setempat yang di hadiri oleh Pendamping Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi