DAERAH  

Kades Tondowatu Genjot Pembenahan Lingkungan

Iklan
Kades Tondowatu Ridwan saat sedang ikut melakukan pembenahan dan pengecatan pagar

Anoapos.com | Konut – Pemerintah Desa Tondowatu Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Selawesi Tenggara (Sultra) genjot pembenahan lingkungan.

Sebagai wilayah desa yang merupakan bahagian dari daerah pintu masuk wilayah Kabupaten Konawe Utara, Desa Tondowatu dibawah nahkoda kepemimpinan Ridwan, kini sedang berbenah. Mulai dari pembangunan sarana prasarana pemerintah hingga menyasar terhadap pelaksanaan kegiatan pelayanan kemasyarakatan.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) didesa menjadi motor penggerak pelaksanaan Program di Desa Tondowatu.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Desa Tondowatu, Ridwan saat ditemui awak media pada Senin (31/07/2023).

” Sampai saat ini, kami selaku pemerintah desa bersama -sama dengan warga terus melakukan program Pemerintah Pusat melalui DD APBN dan juga tidak penting yakni Program KONASARA dari Pemerintah Kabupaten Konut, terus kita laksanakan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Kapal Muat Nickel Diteluk Lasolo Mulai Dikeluhkan Nelayan Tradisional

Dikatakan, dalam rangka mewujudkan Program Konasara diantaranya pembangunan sarana prasarana pemerintah desa dan kebutuhan dasar bagi masyarakat seperti kebetuhan rumah layak huni, ketersediaan pangan dan gizi masyarakat, serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui pelaksanaan kegiatan Program Pemanfaatan Kebun dan Pekarangan (P2KP) terus kita genjot.

” Pemetaan lingkungan desa yang bersih menjadi visi dan misi saya memimpin Desa Tondowatu. Kemudian ketersediaan pangan masyarakat juga menjadi prioritas utama kami,” kata Ridwan.

Menurut Ridwan, khusus untuk pemetaan lingkungan, mulai pembuatan pagar lokasi perkantoran dan pengecetan pagar halaman warga, kita gunakan anggaran PAD Desa yang dikumpulkan dari hasil retribusi para investor tambang golongan C diwilayah ini.

BACA JUGA:  Kapolres Konut Buka Latpra Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2023

” Dari hasil PAD Desa sejumlah Rp.50 Juta , Kiba bisa membangun pagar permanen untuk kawasan perkantoran desa,” tutup Kades Tondowatu.

Sementara itu, Kaur Pemerintah Umum Desa Tondowatu, Jusmar menambahkan bahwa kepemimpinan Ridwan sebagai Kades Tondowatu saat ini, telah banyak melahirkan perubahan positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat saat ini. Selain itu juga, ketersediaan sarana dan prasarana seperti gedung fasilitas umum sudah baik meskipun ada beberapa yang perlu dilakukan renovasi.

” Selaku warga Desa Tondowatu, saya mengapresiasi dan mendukung program pemerintah desa saat ini,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Bupati Konut Dan Ketum PP Muslimat Nu ,Hadir Dalam Rangka Halal Bilhalal Muslimat NU Sultra.

Untuk diketahui, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Pemdes bersama warga Tondowatu serta mahasiswa KKN dari IAIN , sampai saat sedang melakukan pembenahan dan pembersihan lingkungan.

Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi