Kasdim 1430 Konut Pimpin Tanam Perdana Sorgum di Matandahi

Ketgam, Kasdim 1430 Konut Mayor Inf Umar Sachruna,SE
Ketgam, Kasdim 1430 Konut Mayor Inf Umar Sachruna,SE

Anoapos.com | Konut – Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 1430 Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama-sama Pemerintah Desa dan warga Desa Matandahi Kecamatan Motui melaksanakan penanaman benih Sorgum pada Rabu (01/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasdim 1430 Konut beserta jajarannya, Kadis Ketahanan Pangan Konut, Kadispora Konut, Camat Motui, Kapolsek Sawa, Babinsa Kecamatan Motui, Kades dan Aparat Desa Matandahi, TP-PKK Desa Matandahi beserta warga setempat.

Saat dikonfirmasi, Kasdim 1430 Konut Mayor Inf Umar Sachruna,SE menjelaskan bahwa kegiatan hari ini merupakan wujud dari program Pemerintah bersama TNI dalam pemenuhan kebutuhan pangan Nasional dan Kebutuhan pangan di daerah. Dimana kita ketahui komoditi Sorgum memiliki banyak manfaat.

BACA JUGA:  Danrem 143/HO: Jaga Kekompakan dan Pererat Tali Silahturahmi Dimanapun Kita Bertugas

” Tanaman Sorgum banyak manfaatnya diantaranya adalah untuk kebutuhan pangan pengganti beras dan juga pemenuhan gizi masyarakat,” ungkapnya.

Ketgam, Komisaris PT.Ana Wonua Pertanian Rusmin Abdul Gani.

Dikatakan, kegiatan ini juga sebagai langkah awal Kodim 1430 Konut memberikan dukungan dan pendampingan kepada masyarakat petani untuk Penanganan kemiskinan ekstrim, Inflasi dan Stunting.

Sementara itu Komisaris PT.Ana Wonua Pertanian, Rusmin Abdul Gani,SE menambahkan bahwa program ini perlu dikembangkan karena untuk memenuhi kebutuhan pangan Nasional. Selain itu, budidaya Sorgum dapat meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat.

” Secara teknis, kami dari Perusahaan PT.Ana Wonua Pertanian memberikan dukungan benih dan jaminan pasar kepada petani. Benih kami siapkan dan berikan kepada petani, hasil penennya juga kami yang beli,” ujar Rusmin Abdul Gani yang juga sekaligus Ketua Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) tersebut.

BACA JUGA:  Aster Kodam XIV/Hasanuddin Kunjungi Petani Budidaya Sorgum di Desa Matandahi

Pasalnya, pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan dukungan sarana alat dan mesin pertanian serta dukungan pupuk kepada petani.

Selaku Kepala Desa Matandahi, Hasrudin mengatakan bahwa luas lahan yang kami olah berjumlah 20 Hektar dan hari ini kita sudah mulai menanam.

” Saat ini kami sangat membutuhkan dukungan bantuan sarana dan prasarana dari Pemda Konut khususnya dinas terkait agar pelaksanaan kegiatan budidaya Sorgum di desa Matandahi ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sekda Provinsi Sultra Buka Pasar Murah dan Pameran Alutsista Serta UMKM Dalam Rangka GNPIP dan Gebryar Kemerdekaan RI ke-78 di Makorem 143/HO

Kades Matandahi 2 periode juga menambahkan bahwa Kegiatan ini di rangkaian panen kepiting bakau, penilaian lomba kuliner yang diketahui peserta lomba tersebut dari 6 Dasa Wisma di obyek wisata Desa Matandahi.

Redaksi

× Chat Redaksi