DAERAH  

Pemdes Poniponiki Optimalkan Pelaksanaan Program Pembangunan Dan Kinerja Aparat Desa

Ketgam, Kades Poniponiki Aripuddin (kanan) saat memimpin rapat.

Anoapos.com | Konut – Desa Poniponiki yang berada di wilayah Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dibawah kepemimpinan Kepala Desa Aripuddin, telah banyak membawa perubahan positif bagi masyarakat setempat.

Mulai dari infrastruktur sampai dengan pertumbuhan ekonomi warga di Desa Poniponiki, setiap tahun semakin tumbuh dan berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Warga sedang menerima Dana BLT Desa TA.2024

” Setelah kita melalui proses yang panjang, saat ini kita sudah dapat memanfaatkan sarana prasarana yang ada. Kemudian dari beberapa program pemerintah Pusat dan Daerah yang kita aplikasikan ditinkat Desa, juga sudah dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di desa ini,” kata Kades Poniponiki Arifuddin pada Jumat (26/04/2024).

BACA JUGA:  Novel "Manusia Perahu Terakhir" Karya Erni Bajau Diluncurkan di Atas Kapal Dibuka oleh Wakil Menteri ATR BPN RI

Dikatakan, Pelaksanaan Program Pembangunan di Desa Poniponiki terus ditingkatkan dan menyesuaikan dengan perundang – undangan dan peraturan yang berlaku.

” Sebagai pimpinan, saya tidak bekerja sendiri. Semua semberdaya yang kami miliki, kita berdayakan. Khusus untuk jajaran perangkat desa, BPD, PKK, difungsikan sebagai Tupoksi merek masing-masing. Sehingga setiap program yang telah disepakati bersama melalui proses musyawarah, dapat terlaksana dengan lancar,” ungkapnya.

Menurut Arifuddin, dimasa pemulihan ekonomi setelah kita melalui wabah Vandemi Covid-19, sampai saat ini Pemerintah Desa berupaya mengembalikan situasi normal. Baik pada sektor pertanian, perikanan budidaya dan UMKM.

BACA JUGA:  Gelar Jumat Curhat, Kapolres Konut Jawab Curhatan Warga Desa Puusiambu

” Untuk masa pemulihan ekonomi, kami tetap memberikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT Desa kepada warga yang telah memenuhi syarat sebesar Rp.300.000/ KPM. Kemudian bagi masyarakat pelaku usaha disektor pertanian dan perikanan juga kita tetap dorong dan memfasilitasi mereka agar lebih produktif melalui anggaran Dana Desa pada bidang pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Pasalnya, Setiap perencanaan program pembangunan, Pemdes bersama seluruh lembaga di desa beserta masyarakat selalu mengedepankan asas musyawarah mufakat sehingga pelaksanaan kegiatan di desa berjalan transparan, akuntabel dan dapat di pertanggung jawabkan.

Redaksi

× Chat Redaksi