SMPN 2 Asera Berupaya Mewujudkan SDM Unggul

Ketgam, Kepsek SMPN 2 Asera Nening Lenggo,S.Pd.,M.Pd.
Ketgam, Kepsek SMPN 2 Asera Nening Lenggo,S.Pd.,M.Pd.

Anoapos.com | Konut – Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Keberhasilan pembangunan SDM suatu bangsa sangat bergantung pada tingkat pendidikan masyarakatnya sendiri. Pendidikan merupakan hal yang utama dalam kehidupan manusia.

Dengan pendidikan, kita bisa lebih dewasa karena pendidikan tersebut memberikan dampak yang sangat positif bagi kita, Pendidikan juga merupakan sebuah program yang mengandung komponen tujuan, proses belajar mengajar antara murid dan gurunya sehingga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) menjadi lebih baik.

Hal ini sama yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Asera dimana sekolah ini adalah salah satu sekolah yang berada di Kecamatan Asera Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Selawesi Tenggara (Sultra) , juga berperan penting dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Sambut HUT RI KE-78, DLH Konut turun Bersihkan Pantai Taipa
Galeri kegiatan SMPN 2 Asera

Dari jumlah siswa 222 orang , Guru PNS 10 orang dan Guru P3K Pusat berjumlah 6 serta Guru Honor Daerah berjumlah 3 orang. Untuk Guru Tidak Tetap (GTT) sejumlah 5 guru, SMPN 2 Asera dibawah kepemimpinan Nening Lenggo,S.Pd.,M.Pd sebagai Kepala Sekolah telah berupaya menjalankan program Pemerintah pada bidang pendidikan yaitu dengan cara melaksanakan pelayanan Proses Belajar dan Mengajar baik Formal maupun Nonformal sesuai kurikulum pendidikan Indonesia.

” Selain kegiatan Formal yang tertuang didalam Kurikulum pendidikan, kami membuat program pendidikan Nonformal seperti Kegiatan Pramuka dan Pelatihan Tarian Tradisional kepada Siswa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan Sumberya Daya Manusia yang baik dan berkualitas serta bisa bersaing dengan sekolah lainnya,” kata Kepsek SMPN 2 Asera Nening Lenggo,S.Pd.,M.Pd.kepada Media pada Senin (11/09/2023).

BACA JUGA:  Bupati Konut Hadir Rembug Tani Nasional Tahun 2023
Aktivitas Belajar Siswa

Dikatakan, SMP Negeri 2 Asera juga sedang melakukan program Sekolah Sehat dimana kegiatan ini merupakan dari program pemerintah pusat . Item kegiatannya yaitu :
1). Pembiasaan kepada siswa untuk membawa air minum di tamler.
2). Sarapan bersama setiap hari Jum’at.
3). Melakukan senam pagi setiap hari jum’at
4). Pemeriksaan kesehatan dari puskesmas
5). Melaksanakan tata tertib kebersihan dan kelestarian sekolah.

Latihan Menari

” Jadi untuk mewujudkan semua program pendidikan di sekolah ini, Menjaga keamanan lingkungan sekolah menjadi bagian dari prioritas kami. Saat ini kami sedang memasang alat dan camera CCTV agar semua aktivitas Guru dan siswa serta sarana prasarana sekolah, dapat terpantau setiap saat, tentu biaya kegiatan, itu termasuk sudah dari anggaran BOS,” terangnya.

BACA JUGA:  Berhasil Majukan Pendidikan, Ruksamin Dapat Penghargaan Dari PGRI Pusat

Untuk diketahui SMPN 2 Asera masih membutuhkan tambahan ruang guru, mes guru, WC Guru dan Pagar Sekolah.

Redaksi

× Chat Redaksi