Unik, Desa Laramo Bikin Pasar Kaget

Aktivitas Pasar Kaget di Desa Laramo

Anoapos.com | Konut – Dalam rangka membangun ekonomi desa yang mandiri dan sejahtera, Pemerintah Desa Laramo Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya untuk kembali bangkit setelah dilanda krisis ekonomi global akibat Vandemi Covid-19 pada beberapa tahun lalu.

Dengan memanfaatkan berbagai program yang disiapkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Pemdes Laramo melakukan berbagai kegiatan pembangunan desa. Mulai pengentasan kemiskinan, Menekan Inflasi, dan penanganan Stunting.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Desa Laramo,Nurdin didampingi oleh Ketua TP-PKK Desa Laramo saat ditemui wartawan pada Kamis (30/11/2023).

” Sampai saat ini, kami berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat memulihkan ekonomi Masyarakat secara bertahap termasuk saat ini kami telah menyediakan pasar sore yang dibuka setiap hari Rabu dimana pasar ini tidak luput pembinaan dan pendampingan dari DPMD Konut dan Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, ” kata Nurdin.

BACA JUGA:  Kapolres Konut Tetap Siaga 24 Jam Pimpin Pengamanan Daerah

Dikatakan, Pasar ini kita tempatkan dikompleks perkantoran desa dan kita berikan nama yaitu Pasar Kaget. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pemasaran hasil bumi di wilayah Desa Laramo.

 

” Seperti hasil panen petani dalam pemanfaatan kebun dan pekarangan, atau P2KP, Alhamdulillah sudah mudah dipasarkan. Kemudian tentunya dengan adanya pasar kaget ini, telah memudahkan akses masyarakat untuk melakukan proses jual beli barang di wilayah kami,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nurdin menambahkan, saya selaku Kepala Desa akan terus melakukan berbagai inovasi yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat termasuk kita dapat menekan inflasi di Desa Laramo ini.

BACA JUGA:  Bupati Konut Bakal Tanam Perdana Wijen Di Desa Matandahi
Kebun P2KP Desa Laramo

” Ada yang bertanya kenapa kami menyebut Pasar Kaget, karena pembuatan pasalnya juga secara tiba-tiba tanpa ada perencanaan,. Begitu ada ide bikin pasar, langsung kita buka dan Alhamdulillah, hasilnya lumayan bermanfaat bagi penjual dan pembeli. Bahkan dari desa tetangga, sudah sering datang berjualan dan belanja kebutuhan mereka di tempat ini,” bebernya.

Kebun bersam Aparat Desa Laramo.

Untuk diketahui, Pemerintah Desa Laramo bersama warga terus melaksanakan program Pemerintah Bupati Konawe Utara termasuk pemanfaatkan kebun dan pekarangan rumah yakni menanam berbagai jenis sayuran serta memelihara ikan lele Sangkuriang.

BACA JUGA:  Distrik Ika Smanwa Konut Pimpin Ribuan Peserta Devile di Konawe,Begini Kejadiannya.

” Selain lahan program P2KP, semua aparat desa juga sudah memiliki kebun bersama yang sampai saat ini sayuran yang telah ditanam , sudah hampir dipanen. Kedepan juga kita akan menyiapkan lahan kebun bersama khusus anggota BPD Desa Laramo,” tutup Nurdin Kades Laramo.

Redaksi

× Chat Redaksi