OPINI  

Wartawan Berperan Penting Dalam Pembangunan Desa

 

Oleh : Aras Moita

Wartawan, pewarta atau jurnalis adalah orang yang melakukan pekerjaan kewartawanan dan atau tugas-tugas jurnalistik secara rutin, atau dalam definisi lain, wartawan dapat dikatakan sebagai orang yang pekerjaannya mencari informasi dan menyusun berita untuk dimedia cetak, media elektronik, maupun media online.

Wartawan bertugas mencari, menyimpan, mengolah, menyusun, dan menyebar luaskan informasi atau menyampaikan berita kepada publik. Selain itu, Peran Wartawan adalah sebagai ujung tombak pencarian informasi peristiwa di lapangan.

Dewasa ini kebutuhan masyarakat terhadap informasi semakin tinggi, dengan hadirnya wartawan dari berbagai media informasi, maka masyarakat akan semakin memiliki banyak bekal pengetahuan untuk menghadapi tantangan zaman era globalisasi.

Kemudian, selain menyajikan berbagai informasi berita juga tentu peran wartawan akan menghadirkan ilmu dan berbagai pembelajaran berharga bagi publik khususnya masyarakat di Desa.Selain itu, masyarakat pedesaan akan sangat tertinggal jauh jika tidak mengikuti derasnya arus perkembangan tekhnologi dan informasi. Apalagi Wilayah pedesaan lebih dominan ada di wilayah yang jauh dari perkotaan .

BACA JUGA:  Pemilu Sebagai Sarana Penetuan Kesejahteraan Rakyat

Oleh sebab itu saya mengapresiasi kepada Pemerintah yang telah memberikan anggaran dana langsung Kepada seluruh Desa untuk mengembangkan desa mereka secara mandiri, tepat sasaran, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan secara online yaitu melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Diharapkan pengembangan desa mandiri akan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja baru bagi masyarakat desa melalui padat karya tunai, dan bukan sebaliknya, warga hanya menjadi penonton di desa sendiri.

Kenapa Kehadiran Wartawan di Desa, itu sangat Penting?.

Kita ketahui, profesi wartawan adalah yang sangat mulia, karena profesi tersebut ikut berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Wartawan, selain mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah dan Masyarakat , juga menjadi control baik untuk masyarakat dan pemerintahan.

Penulis menganggap penting wartawan berada di desa. bukan karena adanya Dana Desa yang begitu besar, tetapi anggaran itu di alokasikan oleh pemerintah pusat untuk setiap desa yang ada di Indonesia. Meskipun dilihat dari sudut pandang dana desa , keberadaan wartawan sangat penting akan tetapi ternyata ada yang jauh lebih penting dari pada itu diantaranya adalah sebagai berikut :

BACA JUGA:  Menpan RB Nyatakan, Tenaga Honorer Akan Diangkat Jadi PNS Tahun 2023

Pertama, Wartawan bisa menjadi control masyarakat dan pemerintah

Dipoint ini sangat panjang kalau dipaparkan, akan tetapi intinya Wartawan ikut berperan penting dalam mengontrol masyarakat dan pemerintah agar tidak berbuat seenaknya, sehingga melanggar aturan hukum yang ada.

Saya ambil contoh, di desa hampir sebagian besar yang menentukan keputusan hukum, berada di tangan kepala desa. Coba dibayangkan apabila kepala desa tidak hapal betul tentang hukum dan peraturan yang berlaku tentu ini akan sangat berakibat fatal terutama akan hilangnya keadilan dalam kehidupan di desa.

Kedua, Wartawan bahagian dari Patner Pemerintah Desa dan Masyarakat.

BACA JUGA:  Penyerangan Berencana Terhadap Wartawan Marak, Pertanda Negara Tidak Aman Dan Dalam Bahaya

Desa umumnya jauh dari Pusat Pemerintahan, akan tertinggal jauh dari tersentuh pemerintah pusat, hal ini dikarenakan selain jaraknya yang jauh juga jarang disentuh oleh Wartawan serta media informasi.

Maka dengan hadirnya Wartawan di desa , akan dengan mudah menyampaikan unek-unek dan kebutuhan masyarakat kepada pemerintahnya. Demikian pula dengan hadirnya Wartawan disuatu desa, akan mudah terdeteksinya, bahkan segala kemajuan dan kerja keras Pemerintah Desa, dapat mudah diketahui Pemerintah Kabupaten, Provinsi bahkan Pemerintah Pusat.

Oleh karena itu saya berpikir tidak berlebihan bahwa kehadiran Wartawan di desa, Saya katakan sebagai penyambung lidah masyarakat, Pemerintah Desa kepada Pemerintah Pusat.

Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi