Wujudkan Konasara Digital, Dinas Kominfo Konut Gelar Sosialisasi Pembentukan PPID di Tingkat Kecamatan Dan Desa

Kabid Publik, Ardin Sito
Kabid Publik, Ardin Sito

Anoapos.com | Konut – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi sekaligus pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat Kecamatan dan Desa pada Selasa (07/11/2033).

Kegiatan Sosialisasi dan pembentukan PPID Kecamatan dan Desa ini, berlangsung di Aula Kelurahan Andowia Kecamatan Andowia dan dibuka oleh Camat Andowia, Arman Lasilara. Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Dinas Kominfo, Syahruddin dan para Kepala Desa Se- Kecamatan Andowia.

Arman Lasilara mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi PPID yang digelar Dinas Kominfo Konut karena kegiatan tersebut sangat penting untuk penyebarluasan informasi bermanfaat yang ada di desa maupun kecamatan.

BACA JUGA:  Polres Konut Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024, Ruksamin Berharap Pemilu Tetap Laksanakan Prinsip Konasara

“Saya harap seluruh kepala desa yang hadir dalam kegiatan bisa mengikuti dan mencermati dengan baik sosialisasi ini,” harap Camat Andowia, Arman Lasilara.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo, Drs.Suharto Kasim Panto,M.Si melalui Kepala Bidang Komunikasi Publik, Ardin Sito mengatakan PPID di Kecamatan dan desa yang akan dibentuk ini, berfungsi sebagai PPID Pembantu. PPID Kecamatan dan desa akan membantu PPID Utama Kabupaten.

Dijelaskan Ardin, semua informasi yang disampaikan oleh PPID Kecamatan maupun PPID desa, tidak serta merta disebarluaskan melalui website resmi PPID Pemerintah Daerah. Namun harus melalui verifikasi dari PPID Kabupaten yang berpusat di Dinas Kominfo setempat.

BACA JUGA:  MW KAHMI Sultra Bakal Resmi Dilantik, Ruksamin Imbau Semua Harus Bersatu

” informasi dan dokumentasi yang disampaikan merupakan informasi yang terpercaya karena sudah melalui verifikasi dari PPID Pusat,” kata Ardin.

Pria yang akrab disapa Citos ini menambahkan dalam sosialisasi itu peserta juga dibekali pemahaman tentang jenis informasi yang layak untuk dikonsumsi publik. Dia mengungkap kegiatan di Kecamatan Andowia merupakan kegiatan awal. Selanjutnya Dinas Kominfo akan melanjutkan kegiatan serupa hingga ke seluruh kecamatan.

BACA JUGA:  Pemda Konut Teken Kerjasama Dengan Kejari Konawe

“Kemarin ada yang dibilang Konasara dalam gambar, sekarang kita ubah lagi jadi Konasara dalam Digital,” tutup Ardin.

Aras Moita

× Chat Redaksi