Bawaslu Konut Lantik 39 Anggota Panitia Panwascam 

Anoapos.com | Konut – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah melantikan 39 orang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Jumat (24/05/2024).

Pelantikan dan Penetapan tersebut,  berdasarkan Undang-Undang (UU) nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah penganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota menjadi UU sebagaimana telah beberapa kali di ubah dengan UU RI nomor 6 tahun 2020 tentang penetapan peraturan pemerintah tentang pengganti UU nomor 2 tahun 2020.

Pengambilan sumpah dan janji 39 anggota Panwascam tersebut dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Konut Isbar, dihadiri kepala KPU Konut Abdul Makmur, beserta para anggota, Dandim 1430, Ketua KIP dan Polres Konut.

BACA JUGA:  Ruksamin Kembali Pimpin TIM URC-KISS Salurkan Makanan Bergizi Beresiko Stunting

Dalam sambutannya, Isbar mengatakan anggota Penwascam yang telah dilantik agar bisa menegakan keadilan pada pemilu pilkada 2024, sebagaimana tugas untuk mengawasi.

“Pada pelantikan panwascam ini, kami tidak melihat latar belakang teman-teman karena kalian mampu mengawal demokrasi di bumi oheo Kabupaten Konut dengan baik,” kata Isbar.

Ia mengukapkan bahwa, angggota Panwascam agar bisa bekerjasama untuk mengawal demokrasi dan menindak jika terjadi pelanggaran di Pilkada 2024.

Isbar juga menitipkan pundak kepada anggota Panwascam untuk mengawal demokrasi dengan seadil-adilnya tanpa pandang bulu, karena ini membuktikan sebagai pengawas pemiliu harus bersinergi dengan yang lainnya agar bisa menyuskeskan penyelanggara pilkada 2024.

BACA JUGA:  DPR RI Dan Bawaslu RI Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Konut

“Semoga bisa bekerjasama dengan baik menciptakan pemilihan damai, berintregritas dan berkreditas,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk tugas awal anggota Panwascam dalam melakukan wawancara perekrutan Panwas Kelurahan/Desa untuk tidak melakukan money politik. Kemudian dalam perekrutan Panwas Kelurahan/Desa berdasarkan kualitas bukan yang lain.

“Ketika kami mengetahui jika terjadinya proses nepotisme money politik kami tidak segan-segan memproses panwascam dalam perekrutan Panwas Kelurahan/Desa. Mari tegakan pemilu dengan adil dan jujur,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Konut, Burhan juga mengucapkan selamat kepada anggota Panwascam yang hari ini telah dilantik. Diharapkan anggota Panwascam dapat bersinergi dengan KPU, memastikan semua pelaksanaan dalam penyelenggaran pemilu pilkada 2024 berdasarkan ketentuan.

BACA JUGA:  Acara Pembukaan HUT IKA SMANWA Ke-37, Diikuti Ribuan Alumni

“Sinergi itu penting untuk menyukseskan pilkada 2024 ini. Harapannya bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dan menjalankan tugas sesuai dengan tugasnya,” tutup Burhan.

Redaksi

× Chat Redaksi