SEGITIGA BERLIAN MASIH JADI WISATA UNGGULAN DI KONAWE UTARA

Ketgam, Kadis Pariwisata Konawe Utara,Ir.Riyas Aritman,SP,M.Si (kanan). Obyek wisata Segitiga Berlian (kiri). foto : Redaksi.

Anoapos.com | Konut – Destinasi wisata Segitiga Berlian di wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berbeda dengan beberapa objek wisata yang berada di wilayah Indonesia.

Selain pemandangan indah dan eksotis yang dapat memanjakan mata. Juga dapat menjadi obyek wisata kuliner dan wisata edukasi bagi para pelajar dan mahasiswa di tanah air.

” Obyek wisata Segitiga Berlian dimaksud adalah Wisata Pulau Labengki, Wisata Pantai Taipa dan Wisata Air Panas Wawolesea. Ketiga objek ini masih menjadi program prioritas utama dari Pemda Konawe Utara dimana leading sektornya ada sama kami yaitu Dinas Pariwisata,” kata Ir.Riyas Aritman, SP,M.Si saat ditemui diruang kerjanya baru-baru ini.

Dijelaskan , Obyek wisata Segitiga Berlian ini telah memberikan kontribusi terhadap daerah dan masyarakat di Bumi Oheo. Dari data tahun 2023 yang lalu, ada 32 ribuan orang pengunjung di obyek wisata tersebut.

Wisata Pulau Labengki

” Tahun 2024 ini juga akan semakin meningkat apalagi ada beberapa kegiatan yang di pusatkan di Konawe Utara diantaranya perhelatan MTQ Ke-XXX tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, kemudian liburan hari Raya idul Adha tahun ini serta liburan kegiatan akhir tahun 2024 pada bulan Desember mendatang,” ungkapnya.

BACA JUGA:  DPW APBMI SULTRA AKAN MENGGELAR MUSWIL YANG KE 2

Dijelaskan, Pulau Labengki merupakan sebuah gugusan kepulauan yang berada di Kecamatan Lasolo Kepulauan. Pulau ini kerap dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat. Sebab, Pulau Labengki memiliki beberapa pulau kecil dan batu karang yang dikelilingi lautan biru, mirip dengan panorama di Raja Ampat, Papua Barat. Tidak heran jika Pulau Labengki merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Tenggara.

” jika ingin berlibur ke Pulau Labengki, wisatawan bisa berangkat dari sejumlah tempat, salah satunya dari Pelabuhan Kota Kendari, Pelabuhan Molawe, Lasolo , Tambatan perahu Desa Taipa dan juga bisa lewat dermaga Ulu Sawa atau Pantai Desa Laimeo,” terang Riyas sapaan akrabnya.

Kemudian untuk Wisata Pantai Taipa dan Wisata Air Panas Wawolesea,ini tidak kalah menarik dan mudah dijangkau lewat darat.

Wisata Tanjung Taipa.

Pantai Taipa merupakan tempat wisata yang menghadap ke Laut Banda. Pesona Pantai Taipa berupa hamparan pasir putih yang membentang luas.

BACA JUGA:  KAPOLDA SULTRA RESMIKAN GEDUNG KANTOR POLRES KONAWE UTARA

” Pantai Taipa Kembali Jadi Pilihan Tempat Liburan

Pesona pasir putih Pantai Taipa yang kembali viral, setelah sekian lama terlupakan karena banyaknya tempat wisata baru di Sulawesi Tenggara.

Libur lebaran Idul Adha 1444 Hijriah lumayan panjang. Terhitung lima hari libur, termasuk cuti bersama. Banyak yang memanfaatkan kesempatan libur ini untuk berwisata bersama keluarga.

Wisata Air Panas Wawolesea, Begitu memasuki kawasan air panas Wawolesea, deretan puluhan pohon pinus yang berjejer rapi bakal menyejukkan pandangan, apalagi ditambah hembusan angin sepoi-sepoi. Sungguh penat tak akan begitu terasa.

Wisata Air Panas Wawolesea.

Obyek wisata ini berada di antara perbukitan kapur, ratusan mata air membentuk gelembung seolah mendidih, dan tiada hentinya memuncratkan air panas dari perut bumi.

” walaupun terpisah dengan lautan, air di tempat ini rasanya asin dan mengeluarkan aroma belerang. Kemudian tempat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi dan melepas penat saja, akan tetapi sering dijadikan sebagai alternatif untuk beroba,”.

BACA JUGA:  KSO MTT Ikut Melakukan Pembangunan Masjid Desa Mataiwoi

Air panas Wawolesea secara alami membentuk sebuah sumur yang mengalir ke kolam-kolam menyerupai sengkedan persawahan sehingga makin menambah indahnya pemandangan.

“dasar kolam-kolam yang tersusun itu terdiri dari bebatuan kapur berwarna putih memantulkan cahaya. Jika beranjak sedikit lebih jauh, mata akan disuguhi pemandangan gradasi air yang membiru,” tutup Riyas Aritman kepada wartawan media ini.

Untuk diketahui, selain tiga obyek wisata yang masuk dalam wisata Segitiga Berlian, di wilayah ini banyak memiliki tempat rekreasi yang akan terus dilakukan pengembangan oleh pemerintah daerah Konawe Utara.

Redaksi

× Chat Redaksi