10 Obyek Wisata Paling Menarik Dan Populer Di Konawe Utara

Anoapos.com | Konut – Inilah Obyek Wisata yang sangat menarik dan populer di Bumi Oheo Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Namanya masih cukup asing terdengar di telinga, namun sudah banyak destinasi wisata yang disebut cocok sebagai spot instagramable. Konawe Utara termasuk kabupaten yang baru terbentuk 2007 lalu, meski begitu pesona alam yang ditawarkan akan membuat siapapun yang melihatnya terpana tiada henti.

Seringkali diburu oleh para pecinta fotografi, tidak heran bila objek wisata di salah satu Kabupaten Sulawesi Tenggara ini ramai dikunjungi. Berikut 10 tempat wisata di Konawe Utara yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Pulau Labengki.

Obyek wisata Pulau Labengki memiliki pemandangan terumbu karang yang begitu mempesona, hanya dengan melihat hasil foto saja sudah berhasil memikat hati siapapun orang yang melihatnya.

Obyek wisata Segitiga Berlian ini juga memiliki pemandangan bawah air yang cantik, pulau satu ini cocok bagi mereka yang ingin melakukan olahraga diving (penyelaman). Selain itu, ditempat ini sudah ada beberapa spot terbaik untuk bisa mengabadikan salah satu keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Air Terjun Lalombundi

Walaupun destinasi wisata ini tergolong cukup menantang adrenalin, namun rasa letih di perjalanan akan terbayarkan ketika sudah sampai di tujuan.

Obyek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini terlihat begitu menawan dan sulit untuk diucapkan dengan kata-kata. Karena pemandangan air terjun satu ini, semakin menarik untuk dilihat di musim penghujan dimana debit air semakin melimpah dan terlihat adanya sungai sungai kecil yang bercabang.

3. Pantai Taipa

Obyek wisata Pantai Taipa menawarkan pemandangan khas pantai dengan hamparan pasir putih yang menawan, tidak ada yang bisa menolak untuk datang ke Pantai Taipa. Ombak lautnya pun tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin sekedar bermain air ataupun berenang di tepian bibir pantai. Ternyata pantai satu ini tak hanya menawarkan keindahan lautnya semata, namun pengunjung juga bisa melakukan aktifitas lain yang tak kalah seru.

BACA JUGA:  Momen Natal, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/WRG Datang Bawa Kejutan Spesial Natal Di Tanah Papua

Disini pengunjung dapat menjumpai tebing tebing karst menjulang tinggi di sekitar pantainya. Bukan hanya sekedar background foto saja, namun tebing ini juga kerap kali dimanfaatkan sebagai aktifitas panjat tebing. Dari atas tebing tersebut, mereka bisa melihat pemandangan sekitar pantai lebih luas nan menakjubkan. Rasa letih saat memanjatpun sirna, karena merasa puas setelah pesona alam cintaan sang Kuasa. Untuk diketahui destinasi wisata pantai Taipa menjadi salah satu obyek wisata Segitiga Berlian oleh Pemda Konawe Utara.

4. Pemandian Air Panas Wawolesea

Permandian air panas Wawolesea ini berada di bukit kapur, objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk berendam dan menyegarkan tubuh.

Disini pengunjung akan menemukan ratusan mata air panas yang keluar dari perut bumi dan mengalir ke bawah sehingga membentuk sengkedan serta kolam kolam berundak yang begitu menawan.

Jika dilihat sekilas, mengingatkan dengan area persawahan terasiring dengan versi berbeda. Tak hanya menawarkan air panas dengan kaya manfaat, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan sekitarnya saat sedang berendam.

Pemandangan khas perbukitan ini, dijamin akan menambah semangat untuk menjalani hari demi hari. Pokoknya, dijamin tak ada satupun pengunjung yang kecewa usai mengunjunginya, oleh karenanya pemandian air panas ini hendaknya tak luput untuk dikunjungi saat berada di Bumi Oheo Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara karena obyek wisata ini juga merupakan destinasi wisata Segitiga Berlian oleh Pemda Konawe Utara.

5. Telaga Tiga Warna.

Sesuai dengan namanya, telaga yang satu ini menyuguhkan pemandangan sangat menakjubkan dengan perbedaaan warna airnya.

Perpaduan warna biru, kuning, dan hijau begitu mempesona bagi siapapun orang yang melihatnya secara langsung. Sebagian orang bertanya, darimana asal perbedaan warna tersebut?. Sebenarnya tiga warna tersebut, berasal dari bias cahaya matahari yang kemudian dipantulkan oleh air telaga dilokasi ini.

Saat pertama kali melihat warnanya, tak jarang orang menyebut airnya cukup keruh. Sebenarnya pernyataan tersebut kurang tepat, sebab air telaga ini justru sangat jernih nan segar. Oleh karenanya, banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk bermain air di telaga ini sembari menikmati pemandangan sekitarnya. Saat air telaga menyentuh kulit, siapapun ingin menceburkan diri karena terasa begitu menyegarkan.

BACA JUGA:  Terus Dukung P2KP, Distanak Konut Imbau Warga Ikat Ternak 

 

6. Air Terjun Maseu.

Masyarakat setempat memberi nama Maseu, sebab air terjun ini memang memiliki bentuk bak sebuah jarum yang terlihat meruncing di bagian atasnya. Sangat beda dengan air terjun lainnya, dimana pengunjung akan disuguhkan dengan 14 tingkat air terjun dengan kolam alami sebagai hiasannya. Dan yang membuatnya terlihat seperti jarum, yaitu kolam ditingkat terbawah terlihat lebih luas dan semakin mengecil ke bagian atasnya.

Setelah mendengar keunikannya banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung. Obyek wisata ini terbilang mudah dijangkau karena medan menuju lokasi wisata ini cukup mudah dibandingkan dengan air terjun kebanyakan. Hanya berjalan kaki kurang lebih 500 meter dari area parkir, air terjun yang cantik ini sudah bisa dinikmati.

7. Pantai Panggulawu

Untuk memikat hati para wisatawan, pantai Panggulaw ini ditawarkan hamparan terumbu karang yang diketahui mencapai luas 89,4 hektar. Selain menyuguhkan pesona bawah airnya, pantai yang satu ini juga memiliki pemandangan pasir pantai yang begitu menawan. Bagaimana tidak, sejak pertama melihatnya pengunjung dapat merasakan pasirnya yang lembut yang dipadukan dengan warna lautnya yang jernih.

8. Pantai Mowundo

Disebut sebagai objek wisata yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan, sebab lokasinya yang memang berdekatan dengan perkampungan penduduk ini dianggap cukup strategis nan menguntungkan. Bukan hanya sekedar dekat dengan keramaian, namun pemandangan pantai yang ditawarkan begitu menakjubkan. Warna pasirnya yang putih dan lembut, menambah kenyaman pengunjung untuk bermain di bibir pantainya.

Selain dari pemandangan khas pantai, pengunjung bisa menikmati sejuknya udara karena adanya pepohonan rindang di sepanjang garis pantainya. Tidak heran bila tempat wisata ini, membuat pengunjungnya betah berlama lama disana. Tak hanya dipadati pengunjung saat hari libur tiba, namun di hari biasa ada saja pengunjung yang sengaja singgah untuk menikmati pemandangannya yang luar biasa.

9. Air Terjun Tetewatu

Air Terjun Tetewatu memiliki medan yang mudah dilalui dan menawarkan pemadangan yang menakjubkan, air terjun satu ini kerap dikunjungi wisatawan untuk melepas penat dan lelah.

Lokasi menuju tujuan utamanya tidak jauh dari area parkir kendaraan, sehingga pengunjung tak perlu menunggu lama untuk bisa melihat keindahannya. Airnya yang jernih dan segar, tidak ada satupun yang ingin melewatkan bermain air di lokasi yang satu ini.

BACA JUGA:  Bersama Dinsos Sultra, KNPI Sultra Salurkan Bantuan Kebakaran di Dua Titik

10. Wiwirano

Wiwirano merupakan salah satu kecamatan yang berada di Konawe Utara yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Wilayah ini banyaknya objek wisata yang ditawarkan mulai dari air terjun, bukit teletabis, hingga danau ada disini. Dari sekian banyak objek wisata, situs goa Prasejarah Wawontoaho yang bernama Goa Tengkorak ini menjadi daya tarik utamanya. Sesuai dengan namanya, di dalam goa terdapat kuburan nenek moyang dari suku Culambacu.

Agak merasa takut saat mendengarnya, malah justru banyak wisatawan yang merasa penasaran dan ingin melihatnya dari dekat. Kuburan dengan beberapa tengkorak dari nenek moyang tersebut, yang menjadikan goa ini tampak menarik untuk dikunjungi karena dianggap sebagai situs prasejarah yang wajib dikunjungi, bahkan banyak wisatawan dari luar daerah yang tertarik untuk berkunjung untuk mempelajari sejarahnya.

Inilah 10 rekomendasi tempat wisata di Konawe Utara anda dapat menjadikan referensi liburan. Selain relaksasi alam juga dapat dimanfaatkan topografi wilayahnya yang didominasi perairan, Sulawesi Tenggara bagian utara ini kemudian mengembangkan sektor pariwisata alam yang menakjubkan.

Pertama kali melihatnya, tak ada bisa menolak pesonanya. tempat wisata ini, seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara sehingga untuk terus menjaga kelestariannya, diharapkan pengunjung membuang sampah pada tempatnya.

Selain dari 10 destinasi wisata tersebut diatas, wilayah Kabupaten Konawe Utara masih banyak lagi obyek wisata yang masih dalam tahap pengembangan seperti Goa Tengkorak Matarombeo, Air Terjun Matapila dan masih banyak lagi obyek wisata desa yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Sumber : Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kab.Konawe Utara.

 

Redaksi

× Chat Redaksi