Pemkab Konut Jalin Kerja Sama RPL dengan UMK Untuk Peningkatan Kualitas Aparat Desa

Anoapos.com | Konut – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas aparatur desa, Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ruksamin secara resmi membuka sosialisasi Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut pada Selasa (11/06/2024).

Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dengan fokus utama memberikan pemahaman kepada aparat desa yang belum meraih gelar sarjana.

Sosialisasi tersebut adalah langkah strategis untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat desa. Melalui program ini, penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan menjadi lebih berkualitas dan berdaya saing.

Bupati Ruksamin mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi Konasara dan visi Indonesia emas tahun 2045.

BACA JUGA:  KSO-MTT dan Tokoh Pemuda Desa Mandiodo Bersinergi Perbaikan Jalan

“Indonesia Emas 2045 itu harus kita laksanakan. Poin utama dalam visi ini adalah peningkatan SDM,” ungkapnya.

Olehnya itu, Bupati Konut dua periode ini mengajak seluruh aparat desa untuk mengikuti sosialisasi ini dengan serius dan memanfaatkan program kuliah yang ditawarkan.

“Saya minta kepada semua aparat desa dapat manfaatkan momen ini, harus belajar bapak ibu sekalian,” tegasnya.

Pemilik tagline SELARAS tersebut menekankan bahwa, proses seleksi dan tes akan diserahkan kepada universitas, sehingga tercipta kompetisi sehat di antara para peserta.

“Tesnya saya serahkan kepada universitas, saya ingin kalian bersaing di antara kalian dalam mencari yang terbaik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Buah Kerja Keras Team, Gojukai Komda Sultra Panen Medali di Kejurnas

Sebagai bentuk dukungan nyata, Ruksamin mengumumkan bahwa seluruh biaya pendidikan untuk program RPL bagi aparat desa , akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah Konawe Utara. Selain itu, ia juga mendorong bagi para Camatnya yang akan melanjutkan pendidikan mereka.

Untuk diketahui, Dalam acara ini dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fisip UMK dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Konut.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konut dan Dekan Fisip UMK.

Masih ditempat yang sama, Rektor UMK, H. Muhammad Nurdin yang turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Konut atas dukungannya yang luar biasa dalam menjalin kerja sama ini.

BACA JUGA:  Kapolres Konut Bersama Ketua Bhayangkari Cabang Serahkan Bantuan Sosial Warga Terdampak Banjir

“Kami sangat mengapresiasi Bupati Konawe Utara atas dukungannya yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di daerah ini. Dalam kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih atas beasiswa yang diberikan kepada lebih dari 200 mahasiswa asal Konut yang saat ini menempuh pendidikan di UMK,” pungkasnya.

Redaksi

× Chat Redaksi