Tingkatkan Sinergitas, Kesbangpol Sultra dan FORKOM Sultra Menggelar Audiensi

 

Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba (tengah).

Anoapos.com | Kendari – Sebagai wujud meningkatkan sinergitas antar lembaga, Forum Komunikasi Ormas Sulawesi Tenggara (FORKOM-SULTRA) bersama Dinas Kesbangpol Sultra telah menggelar Audiensi membahas terkait transparasi anggaran Ormas disulawesi Tenggara. Rapat audensi yang digelar diruang rapat aula kantor Kesbangpol Sultra yang dihadiri oleh beberapa Ketua & anggota Ormas,LSM,OKP & Organda.

Saat rapat tersebut dibuka oleh Kepala  Kesbangpol Sultra Harmin Ramba. Pihaknya menjelaskan terkait anggaran ormas,mekanisme berorganisasi yang menjadi polemik akhir-akhir ini,kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab kepada masing-masing Ketua Ormas,LSM,OKP dan Organda di Kendari (14/07/2023).

Berdasarkan observasi dan pendataan Kesbangpol Sultra , Harmin Ramba mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang menyebabkan Ormas tidak terdaftar maupun mendaftarkan diri di Kesbangpol Sultra, Di antaranya adalah sudah tidak ada aktivitas kelembagaan, kepengurusan yang tidak aktif hingga malas untuk mengurus administrasinya.

Menurutnya, Ormas yang sehat memiliki tiga indokator yaitu melakukan Kordinasi ketika SKT-nya mati, bekerja berdasarkan Anggaran Dasar Anggaran Rumah tangga (AD/ART) masing-masing utamanya dalam pembangunan daerah.

“Pertemuan hari ini adalah rapat audensi dan tentu saya memberikan penghargaan apresiasi  dan inilah harapan-harapan saya dalam meningkatkan silaturahmi dan sinergitas antar lembaga, saya bisa mengatakan ormas yang hadir hari ini adalah merupakan Forum yang luar biasa, karena telah mau malaksanakan diskusi dan beraudiensi membahas terkait anggaran,tentunya sangat bagus untuk keberadaan Ormas di Sulawesi Tenggara ini,”kata Harmin Ramba.

BACA JUGA:  Perkuat Sinergitas, Ruksamin Hadiri Musrenbangnas Tahun 2024

Lanjut “Jadi sudah ada 9 poin, salah satu poinnya adalah bagaimana ormas ini dapat mendampingi pemerintah dalam rangka mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah tentang pembangunan itu sendiri. Kemudian, ada beberapa kesepakatan hari ini adalah bagaimana Kesbangpol Sultra mendorong keterbukaan kebijakan anggaran terhadap Ormas-ormas yang ada di Sulawesi Tenggara, karena kita tahu selama ini memang kami akui bahwa selama ini kita belum memberikan seperti hibah kepada Ormas-ormas di Sulawesi Tenggara, ungkap Harmin kepada awak media.

Tentunya kedepan saya berharap teman-teman Ormas bagaimana mangawal saya, mendukung saya membantu untuk kita suarakan bersama sehingga kedepannya anggaran Ormas ini dapat disiapkan dan disalurkan oleh Pemerintah Daerah,” ucap Harmin Ramba selaku Kepala Dinas Kesbangpol Sultra.

Pada tempat yang sama  Muh.Ansar,S.
Selaku Ketua Presidium FORKOM-SULTRA menyampaikan bahwa terkait kunjungan kita hari ini dalam hal audensi Dikesbangpol  Sultra tidak lain adalah memberitahukan perihal beberapa poin yang ada didalam surat pernyataan sikap kami keterkaitan dengan pembentukan Forum Komunikasi Ormas Sulawesi Tenggara yang pada prinsipnya adalah kami mendukung pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terkait keberadaan Ormas-ormas yang mempunyai legalitas yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dalam bentuk terbentuknya suatu organisasi ditingkat kepengurusan baik di Pusat, Wilayah dan Daerah,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Bupati Konut Laporkan 5 Ormas Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik 

“Jadi harapan kami terbentuknya dan terselenggaranya audiensi kami ini bersama rekan-rekan para Ketua-ketua Ormas Sultra ,semoga hasil dari audiensi ini menghasilkan sebuah pemikiran yang sehat yang baik dan positif untuk kita dukung bersama kepada pihak pemerintah dalam hal pembangunan Sulawesi Tenggara tetapi pada intinya adalah Forum Komunikasi Ormas Sulawesi Tenggara ini akan dibentuk secara resmi dan mempunyai juga legalitas yang dikeluarkan oleh pihak Kesbangpol,itu harapan kami,”ujarnya.

Sementara itu, Disisi lain hadir Wakil Presidium FORKOM-SULTRA Adyansyah, Ia menjelaskan bahwa Audiensi kali ini bukan hanya sekedar berbicara kosong di depan Kepala Kesbangpol Sultra, tadi kami sudah menyepakati secara bersama poin-poin yang akan di perjuangkan di pemerintah Provinsi, tentu subtansi dari Audiensi tadi adalah Kesbangpol akan siap mengawal dan mengajukan anggaran Ormas Sultra di DPRD Provinsi, tentu Ormas yang terdaftar di Kesbangpol Sultra dan aktif menjalankan program kerjanya sesuai dengan ketentuan AD/ART di Masing-masing Lembaganya dan siap melaporkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahunan pada Kesbangpol Sultra sebagai bentuk Pengabdian dalam hal mendukung pembangunan Daerah. Ungkapnya.

BACA JUGA:  Kabar Gembira, Kadin Sultra Dan Pemkot Kendari Akan Menggelar Pasar Murah

Dan perlu kami sampaikan bahwa Forum Komunikasi Ormas (FORKOM SULTRA) ini kami kemas dengan baik dan rapi agar cara kerjanya nanti terstruktur, terukur, faktual dan tentu mengedepankan Loyalitas bersama demi memajukan sebuah lembaga, Melalui FORKOM SULTRA ini kami yang tergabung didalamnya ada puluhan Ormas Sultra dan tentu memiliki cara pandang yang sama ialah memperjuangkan adanya anggaran Ormas, pungkasnya.

Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi