DAERAH  

Bupati Konut Buka Sosialisasi PPID Tahun 2023

Bupati Konut H.Ruksamin saat membuka Sosialisasi PPID tahun 2023.

Anoapos.com | Konut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Komunikasi dan Infomasi Konut menggelar Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Lingkup Pemda Konawe Utara Tahun 2023.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung Bupati Konut H. Ruksamin di Aula Anawai Ngguluri pada Senin (13/11/2023).

Dalam sosialisasi ini mengusung tema “melalui PPID hadirkan dan selaraskan keterbukaan informasi Publik sebagai bentuk pemenuhan hak masyarakat atas capaian Pemerintah dan terwujudnya Konasara dalam Digital,”.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Konut H. Abuhaera, Plh Sekda Konut Safruddin, Kadis Kominfo Provinsi Dr. Ridwan yang sekaligus menjadi narasumber dalam sosialisai ini serta diIkuti admin PPID tiap Organisasi Perangkat Daerah.

BACA JUGA:  Polres Konut Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu Serentak 2024, Bupati Konut Turut Hadir

Ruksamin dalam sambutannya mengatakan salah satu tugas PPID adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi, dengan adanya pejabat pengelola informasi dan dokumentasi.

 

Bupati Konut 2 Periode ini berharap implementasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

Selain itu, pihaknya tidak lupa mengingatkan dalam melaksanakan pelayanan informasi, untuk berpedoman kepada lima asas yaitu, Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban.

BACA JUGA:  Pemda Konut Gelar Road Show Literasi 2023

“Sebagaimana pelaksanaan PPID diwajibkan untuk mengklasifikasian dan mengelompokkan informasi informasi tersebut serta PPID diwajibkan untuk menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi, baik itu informasi yang

bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala” ucap Ruksamin.

“informasi yang diumumkan secara merata, maupun informasi yang wajib tersedia setiap saat yang pada dasarnya, semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintah adalah bersifat terbuka,” tambahnya.

Dikatakanya pemerintahan yang baik, dibutuhkan juga masyarakat yang memahami dan mengerti bagaimana seharusnya pengelolaan terhadap informasi yang diberikan.

BACA JUGA:  Ruksamin Kembali Pimpin TIM URC-KISS Salurkan Makanan Bergizi Beresiko Stunting

“Oleh karena itu, saya harapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh” tutupnya.

Aras Moita

× Chat Redaksi