Mahasiswa UHO Gelar KKN Tematik di Bungkutoko

Anoapos.com | Kendari – Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kembali melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2023 di Kelurahan Bungkutoko Kota Kendari

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis potensi dan permasalahan yang ada di masyarakat dan belajar untuk berperan sebagai fasilitator serta educator dalam penyelesaian masalah.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dedy Oetama,S.Pi.,M.Si Universitas Halu Oleo pada Selasa (15/08/2023).

Dalam rangkaian kegiatan KKN Tematik UHO ini, Pertama, mahasiswa melakukan observasi berkunjung di lokasi karamba, pemukiman masyarakat pesisir ,dan obyek wisata tracking dan SDN 12 di RW 02-03 Kelurahan Bunkutoko guna mendapatkan insight dan meninjau kehidupan nyata warga pesisir dari sisi Pendidikan, kesehatan, perikanan, sosial dan hubungannya. 31 Juli, 2,3 dan 6 Agustus 2023,” ungkapnya.

Kedua, untuk kegiatan Kerja Bakti, mahasiswa melakukan program kerja tambahan membersihkan drainase sepanjang jalan RT 05/RW 02 Kel. Bungkutoko pada 1 Agustus 2023.

Sharing Sekolah Dasar (SD). Mahasiswa KKN Tematik UHO melakukan sharing bersama siswa-siswi SDN 12 Kendari pada 3 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Bulan Suci Ramadhan Dapat Menjadi Momentum Peningkatan SDM Umat Islam

Ketiga, untuk kegiatan Cek Kesehatan, Mahasiswa melakukan pemeriksaan tekanan darah dan penimbangan berat badan kepada sedikit warga di Kelurahan Bungkutoko. Setelah pemeriksaan warga diberi edukasi kesehatan singkat terkait tekanan darah dan berat badannya. Kegiatan ini rencana akan terus dilaksanakan terhadap warga hingga berakhirnya masa KKN pada 31 Juli dan 3 Agustus 2023.

Keempat, Dalam rangka menyambut HUT RI Ke 78 tahun 2023, Mahasiswa KKN Tematik UHO turut membantu dan mendampingi peserta Gerak Jalan dari SDN 12 Kendari yang akan tampil dalam pagelaran gerak jalan seluruh SD, SMP, dan SMA se-kota Kendari pada 14 Agustus 2023. Dilaksanakan beberapa hari mulai dari tanggal 3-11 Agustus 2023.

Kelima, kegiatan hidup rohani, Mahasiswa KKN mendampingi mengajar pengajian anak-anak di Masjid At-Taqwa Kelurahan Bungkutoko pada 3-14 Agustus 2023.

Dan selanjutnya giat Sanitasi keluarga, Mahasiswa KKN Tematik UHO melakukan kerja kebersihan di POSKO dalam rangka meningkatkan sanitasi keluarga & sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap penyabaran penyakit infeksi dan menular yang berpotensi besar tersebar lewat pemakaian bersama toilet pada 3 Agustus 2023 . Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Mahasiswa KKN Tematik UHO ikut senam pagi bersama lansia kelurahan Bungkutoko. 4 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Ruksamin: Keberadaan PATRI Bagai Pelangi Dan Menjadi Perekat Persatuan dan Kebihnekaan Sesama Anak Bangsa di Sultra

” Selain daripada itu, ada program kerja tambahan yakni mengecat trotoar jalan raya di depan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kel. Bungkutoko sepanjang 170 meter pada 5 Agustus 2023. Sementara untuk giat Pemberantasan Buta Huruf Alquran, KKN Tematik UHO wujudkan kepedulian melalui pewakafan 100 Iqra & Juz Amma di Masjid At’Taqwa RW 02 Kelurahan Bungkutoko. 7 Agustus 2023

Peduli Kesehatan. Mahasiswa KKN Tematik UHO juga turut membantu penjaringan Kesehatan di SMA 8 Kendari, yang digelar oleh UPTD PKM Nambo, berupa pengukuran antropometri (Berat Badan, tinggi badan, Lingkar Kepala, Lingkar Lengan Atas & Lingkar Perut), pemeriksaan gigi, mata, & darah pada 8,9 dan 11 Agustus 2023,” bebernya.

Terkait melek teknologi, Mahasiswa mengajar MS Word kepada siswa-siswi SDN 12 Kendari. Diharapkan siswa sudah mengenal sejak dini keterampilan mengetik di perangkat computer.

Didalam kegiatan lain, Mahasiswa KKN Tematik UHO tidak luput melaksanakan pemeriksaan kesehatan Gratis kepada masyarakat setempat.

” skrining gizi, antropometri, pengambilan sampel darah lansia di Kelurahan Bungkutoko. Adanya pemeriksaan gratis ini diharapakan memantik lansia untuk hidup sehat sembari menanti hasil pemeriksaan darah guna mengetahui factor resiko penyakit apa yang dimiliki sehingga pencegahan dini dari perburukan kualitas hidup dapat dilaksanakan dengan cepat yang digelar pada 12 Agustus 2023. lebih menariknya lagi, Mahasiswa KKN Tematik UHO Bersama Bapak Lurah Bungkutoko melakukan kurvei sampah di tepi kedua ruas jalan, mulai dari Jembatan Kuning Bungkutoko hingga depan KSOP Bungkutoko pada 13 Agustus 2023,” tutupnya.

BACA JUGA:  ERIK ZULKARNAIN.B. KONGGOASA,SH SIAP PERJUANGKAN ASPIRASI RAKYAT DAPIL 1 KOTA KENDARI

Untuk diketahui, Dosen Pembimbing Lapangan atau disingkat DPL tersebut yaitu Dedy Oetama,S.Pi.,M.Si sebagai Ketua DPL dan didukung oleh anggota DPL lainya antara lain La Ode Muh.Yasir,ST.,S.Pi.,Ph.D, Dr.Sjamsu Alam Lawelle,S.Pi.,MM dan Rahmadani,S.Pi.,M.Si , Haslianti,S.Pi.,M.Si serta La Ode Baytul Abisin,S.Pi.,M.Si.

 

Redaksi

× Chat Redaksi