Rencana Bangun Bandara Udara, Jenderal Dr.Dudung Abdurachman Kunjungi Konawe Utara

Anoapos.com | Konut – Sebagai bentuk tindak lanjut atas kunjungan Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng ke Markas Besar (Mabes) TNI AD awal bulan lalu, hari ini Selasa (10/10/2023) Pemerintah Daerah Kab. Konut mendapat kunjungan dari Kepala Staf TNI AD, Jenderal Dr Dudung Abdurachman.

Kunjungan lapangan Jenderal Dudung didampingi Danrem 143 /HO, Brigjen TNI Ayub Akbar dan Dandim 1430/Konawe Utara (Konut), dan Letkol Kav Sofyan dalam rangka melakukan peninjauan lokasi persiapan pembangunan skuadron di desa Molore Kecamatan Langgikima.

Kedatangan Pria berpangkat 4 bintang di Bumi Oheo ini, disambut oleh Bupati H. Ruksamin, Wakil Bupati H. Abuhaera, Ketua DPRD Ikbar, Sekda HM Kasim Pagala , unsur Forkopimda, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat.

BACA JUGA:  PEMDA KONUT TEKEN MOU BERSAMA BRSDM

Setelah melakukan peninjauan lokasi, Dudung Abdurachman memastikan pembangunan skuadron Penerbad akan di rampungkan tahun 2024 mendatang. Pihaknya menilai lahan yang disiapkan pemerintah daerah untuk pembangunan Penerbad secara kasat mata sudah sangat layak.

“Dilihat dari lokasi, tidak melihat kata ancaman, lokasi ini sangat strategis kalau nanti ditempatkan disini dan perekonomian bisa semakin maju,” kata Jenderal Dudung Abdurachman.

Selanjutnya, pihaknya akan mulai merencanakan kebutuhan materil dan personil guna pembentukan skuadron di wilayah Langgikima tersebut.

“Yang penting landasan dulu kita selesaikan pembagunannya. baru kita siapkan personilnya. Saya minta dukungan dari masyarakat semoga pembangunannya berjalan dengan lancar, Pasti akan terbangun di 2024,” ujarnya.

Pembentukan skuadron Penerbad di Konut itu tidak lepas dari kerja keras pemerintah kabupaten yang dipimpin Bupati, H. Ruksamin. Bupati Konut dua periode itu tercatat sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait sebagai bentuk keseriusannya agar skuadron Penerbad dibangun di Konut.

BACA JUGA:  Pasangan Rabu Lahirkan Aplikasi Si Anawai Konasara

Sebagai bentuk keseriusan H. Ruksamin sebagai pimpinan tertinggi di Kab. Konawe Utara telah menyiapkan lahan seluas 180 hektar untuk kepentingan pembentukan landasan pesawat terbang tersebut. Lokasi itu masuk dalam wilayah Desa Molore dengan status lahan Areal Penggunaan Lain (APL). Yang berarti tidak masuk dalam kawasan hutan.

Dia menyebut lahan yang disiapkan berada

“Lahan yang kami siapkan dekat dengan fasilitas umum baik itu Puskesmas dan pasar. Kami pemerintah daerah berharap pembangunan skuadron akan meningkatkan ekonomi masyarakat Konut pada khususnya dan Sulawesi Tenggara pada umummya. Kami siap menunggu perintah. Kami sangat berharap bisa ditempatkan pembangunannya di Konut,” ungkap H. Ruksamin.

Bupati KONUT H. Ruksamin juga menjelaskan bahwa lokasi pembangunan Skuadron Penerbad tersebut berada diatas wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) salah satu perusahaan tambang nikel. Namun hal itu dikatakan Ruksamin bukan menjadi kendala karena pemilik saham dalam perusahaan itu adalah pemerintah daerah, provinsi dan BUMN.

BACA JUGA:  Berhasil Majukan Pendidikan, Ruksamin Dapat Penghargaan Dari PGRI Pusat

Peninjauan lokasi Penerbad di Desa Molore dirangkaikan dengan penyerahan cendera mata dari pemerintah kabupaten Konut. Cendera mata yang salah satunya berupa kain tenun khas Konut diserahkan oleh Bupati, Ruksamin kepada Jenderal Dudung Abdurachman.

Redaksi

× Chat Redaksi