Dinas Damkar Kab.Konut Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Prima

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kan.Konut, Djasmiddin,SE

Anoapos.com | Konut – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan bahagian dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Konawe Utara.

Dinas Damkar juga di ketahui memiliki tugas dan fungsi dalam melakukan pencegahan, pengendalian, pemadaman, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya dan beracun kebakaran dalam daerah kabupaten Konawe Utara.

Tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sangat jelas bahwa selain dari memadamkan api jika terjadi kebakaran juga melakukan pemyelamatan terhadap korban kebakaran. Selain itu, tindakan penyelamatan ini tidak hanya pada korban kebakaran tetapi juga melakukan penyelamatan pada warga yang terdampak bencana alam maupun non alam lainnya. Selanjutnya Dinas Damkar melakukan edukasi kepada seluruh warga masyarakat se-Kabupaten Konawe Utara.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Damkar dan Penyalamatan Kab.Konut, Djasmiddin, S.E saat di hubungi redaksi anoapos.com pada Rabu ( 22/11/2023).

” Damkar Konut melaksanakan tugas dan fungsinya secara bertahap sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) , kami terus melakukan Inspeksi peralatan proteksi kebakaran, Investigasi kejadian kebakaran, Pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran,” kata Djasmiddin.

BACA JUGA:  Polsek Abuki Bersama Kapolres Konawe Dan Warga Sekitar Bantu Damkar Kendalikan Kebakaran Lahan di Abuki

Lebih lanjut Djasmiddin sapaan akrabnya ini mengungkapkan bahwa selain berfungsi sebagai alat untuk merespons kebakaran yang sudah terjadi, Damkar Konut juga mensosialisasikan alat pemadam kebakaran yang dapat digunakan untuk tindakan pencegahan. Misalnya, pemadam kebakaran portabel dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran yang mungkin terjadi saat memasak di dapur.

” Nah untuk peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat, dalam tahun 2023 ini, kami telah melakukan pembinaan dan pelatihan secara internal anggota personil Damkar Kab.Konut. Bukan hanya menyiapkan kemampuan pisik anggota kami, juga Sumber Daya Manusia personil tentu menjadi bahagian dari rencana kerja yang terus kami realisasikan,” bebernya.

Untuk tahun 2024 -2025, Dinas Damkar Konut berupaya melengkapi sarana prasarana yang memadai. Termasuk ketersediaan sarana informasi dan komunikasi juga akan kami siapkan guna merespon informasi eksternal dan internal.

BACA JUGA:  Gerakan 20 Ton Beras, 20 Tahun Batalyon Tantya Sudhirajati Berlanjut, Kapolres Konut Salurkan Bantuan di Polsek-Polsek

” Selain kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan operasional, sarana prasarana radio komunikasi sangat penting dimiliki oleh Damkar apalagi dengan kondisi letak geografis wilayah kabupaten Konut, ini sangat penting ketersediaan alat radio komunikasi,” terang Djasmiddin selaku Kadis Damkar Konut.

Ditambahkan, Dinas Damkar Kab.Konut saat ini lagi memaksimalkan seluruh personil yakni meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta menyediakan sarana dan prasarana pendukung utama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal terutama armada pemadam yang ada saat ini baru 2 unit mobil pemadam dan 1 unit motor pemadaman.

” Kedepannya, dinas Damkar Konut akan membentuk unit pelayanan teknis dinas di kecamatan ini dimaksimalkan untuk lebih efektif dan memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dalam memberikan pelayanan, mendekatkan pemadam kebakaran kepada masyarakat agar tercipta rasa nyaman, tenang serta tentram untuk
Menjalankan segala aktivitas masyarakat setiap hari,” pungkasnya.

Harapan kita, semoga seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan penuh terkait program -program Dinas Damkar dan Penyelamatan kabupaten konawe utara untuk turut serta membangun daerah konawe utara sesuai dengan tugas-tugas dan tanggungjawab yang telah di amanahkan oleh pemerintah pusat dan daerah, dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif dari ancaman bahaya kebakaran.

BACA JUGA:  Menyambut HKGB ke–71 Pengurus Bhayangkari Cabang Polres Konut adakan Doa Bersama

Pasalnya, Demi kemajuan daerah Konawe Utara yang Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing, kami terus berkomitmen melaksanakan tugas dan fungsi kami guna mewujudkan impian masyarakat dan paling utama mensukseskan program Bapak Bupati dan Wabup Konut sebagaimana yang termuat dalam Program KONASARA.

Redaksi

× Chat Redaksi