JANGKAR SULTRA SOROTI INFLASI, NAIKNYA HARGA SEMBAKO DAN MAHALNYA GAS LPG

Foto: istimewa

Anoapos.com | Kendari – Jaringan Demokrasi Rakyat (JANGKAR) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyoroti terkait inflansi yang terjadi, Naiknya harga bahan-bahan pokok menjadi bukti bahwa inflasi dan ditambah dengan langkah dan mahalnya Tabung LPG 3 Kilogram pada Sabtu (28/10/2023).

Diketahui Direktoral Jendral (Dirjen) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) dari hasil rapat kordinasi pengendalian inflasi pada Senin 23 Oktober 2023, Sultra tercatat sebagai peringkat kedua posisi inflasi tertinggi di Indonesia.

Ketua Jangkar Sultra, Juraidin akibat inflasi yang terjadi masyarakat sultra dalam kondisi terhimpit.

“Harga-harga bahan pokok melambung naik membuat masyarakat mejerit,” tegasnya saat melakukan orasinya.

BACA JUGA:  Pembangunan Huntap Korban Banjir Di Konut, Segera Bangun

Jangkar Sultra juga memberikan catatan buruk terhadapp kinerja Pj.Guberernur Sultra pasalnya inflasi menjadi salah satu dari 8 program strategis dari Pj. Gubernur Sultra pada saat dilantik.

“Pj Guberur Sultra sejauh ini belum mampu memberikan solusi atas permasalahan yang mengakibatkan masyarakat sultra menjerit,” ungkapnya.

Ia jugalah menuturkan bahwa atas permasalahan tersebut Kemendagri harus mengambil langkah strategis, jika perlu mengevalusi kinerja Pj. Gubernur Sultra.

“Mendagri sementara berada di Sultra, dan Mendagri mesti melihat yang terjadi Sultra, ketidakmampuan Pj.Gubernur Sultra dalam melakukan konsolidasi terhadap Kepala Daerah di Kota dan Kabupaten untuk menekan inflasi,” bebernya.

BACA JUGA:  LM Sumarlin Calon Tunggal Ketua Kadin Buton

Selain itu pihaknya Pj Gubernur tidak siap dalam menghadapi musim kemarau dan fenomena El Nino.

“Kami tidak butuh pencitraan, kami butuh kerja nyata, bagaimana seorang Pj Gubernur Sultra mampu mengatasi semua persoalan di Sultra atas amanah yang telah ia emban,” tuturnya.

Pihaknya juga meminta DPRD Sultra untuk menggelar rapat dan mengeluarkan rekomendasi agar Kemendagri mengevaluasi Pj Gubernur Sultra.

“Wakil Rakyat mesti peka terhadap kondisi hari ini, melihat masyarakat menghadapi kelangkaan tabung gas LPG 3 Kilogram dan naiknya harga sembako, melalui fungsi pengawasannya DPRD Sultra mesti melakukan rapat dan mengeluarkan rekomendasi untuk Mendagri agar segera mengevaluasi Pj.Gubernur Sultra,” tutupnya.*

Redaksi

× Chat Redaksi