Ruksamin Digaungkan The Next Gubernur Sultra 2024 Di Muna

Iklan

 

Ketgam, H.Ruksamin

Anoapos.com | Muna – Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KBSN) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin menjadi tamu istimewa dalam kegiatan pelantikan pengurus Kerukunan Keluarga Labora (KKL) Muna yang berlangsung di Gedung Sor Laode Pandu atau tepatnya di Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu Kabupaten Muna pada Minggu (21/05/2023).

Dalam kegiatan ini, Ruksamin yang menggandeng pengurus KSBN Sultra dan paguyuban-paguyuban lainnya disambut meriah oleh ratusan warga yang hadir. Bahkan, nama Bupati Konut dua periode itu disebut-sebut dan digaungkan oleh masyarakat setempat sebagai The Next Gubernur Sultra 2024 mendatang.

Dalam acara tersebut Ruksamin mengenakan seragam budaya asal Labora Muna bercorak hijau paduan putih. Tidak hanya disambut meriah dalam kegiatan pengukuhan tersebut, dirinya juga membakar semangat pengurus KKL Muna dengan sambutan yang diberikan.

BACA JUGA:  Persiapan Kedatangan Wapres RI, PT.NIS Berdayakan Masyarakat

“Budaya serta adat istiadat yang berlandaskan agama akan terus kita gali kekayaannya demi menciptakan karakter Sulawesi Tenggara yang berbudaya,” ungkapnya.

Menurut pria kelahiran Tinobu, 14 Maret 1973 ini bahwa adat-istiadat dan budaya yang ada di Sultra beraneka ragam. Tetapi semuanya harus saling bergandengan agar masa depan Sultra yang berbudaya tetap terjaga dan keharmonisan antar suku juga tetap terpelihara.

“Budaya kita di Sultra ibarat pelangi yang memiliki banyak perbedaan warna tetapi tetap indah dalam bingkai persaudaraan,” tambahnya.

Ruksamin yang digadang-gadang sebagai salah satu kandidat kuat dalam Pemilihan Gubernur Sultra 2024 mendatang, juga menitip pesan kepada seluruh paguyuban-paguyuban yang ada di Bumi Anoa Sultra, khususnya pengurus KKL Muna agar menjaga eksistensi dan membesarkan organisasi masing-masing.

BACA JUGA:  PEMDA BANTU KAPOLRES KONUT BENTUK 3 POLSEK

Pasalnya, satu-satunya kekayaan di Sulawesi Tenggara yang tidak akan pernah hilang sampai akhir hayat adalah budaya masyarakat Sultra itu sendiri. Tentunya, dengan pengukuhan KKL Muna ini, budaya masyarakat Labone tetap eksis dan bisa bersinergis dengan budaya atau paguyuban lainnya yang tersebar di 17 kabupaten/kota di Sultra.

Tidak hanya itu, Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra ini mengajak seluruh pengurus KKL Muna agar bersama-sama mewujudkan Sultra sebagai pusat energi dunia dengan merumuskan 9 pilar pembangunan yakni pilar energi untuk kemandirian, energi untuk pendidikan, energi untuk kesehatan, energi untuk kemakmuran, energi untuk infrastruktur, energi untuk agro, energi untuk lingkungan, energi untuk melayani, dan energi untuk harmoni.

“Kekayaan alam kita bisa saja habis kedepan tetapi budaya kita tidak akan pernah hilang, ini yang harus kita jaga sama-sama dan salah satunya adalah mewujudkan Sultra sebagai pusat energi dunia,” harapnya.

BACA JUGA:  Bupati Konut Laporkan 5 Ormas Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik 

Untuk diketahui, selain membawakan sambutannya, Ruksamin juga menyaksikan langsung pelantikan pengurus KKL Muna periode 2023-2028 yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Muna, Bachrun. Selanjutnya, kegiatan tersebut diakhiri dengan prosesi foto bersama.

 

Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi