Hasil KKN Tematik UHO, Warga Bungkutoko Bisa Buat Cemilan Dari Buah Mangrove

Haslianti,S.Pi.,M.Si (kiri) tampak sedang memberikan materi praktek cara membuat kue cemilan berbahan dasar tepung buah mangrove di Kelurahan Bungkutoko.

Anoapos.com | Kendari – Kehadiran peserta Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Tahun 2023 telah memberi manfaat khususnya bagi warga masyarakat nelayan di Kelurahan Bungkutoko Kota Kendari Provinsi Selawesi Tenggara (Sultra).

Selain kegiatan sosialisasi terhadap pelestarian lingkungan alam pada sektor kelautan dan perikanan, Dosen Pembimbing0 Lapangan UHO dan Mahasiswa telah memberikan berbagai informasi yang dapat menjadi sumber ekonomi masyarakat setempat. Diantaranya yakni 0pemanfaatan buah mangrove menjadi bahan dasar makanan cemilan.

 

Dalam wawancara call recorder, salah satu Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik UHO, Haslianti,S.Pi,M.Si mengatakan bahwa kegiatan KKN Tematik tahun ini bertujuan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat terhadap menjaga kelestarian lingkungan dan pemanfaatan potensi perikanan yang lebih baik.

BACA JUGA:  Jumat Curhat, Kapolres Konawe Utara , Serap Aspirasi Dan Belanja Masalah Warga

” Selain memberikan materi sosialisasi terhadap masyarakat Kelurahan Bungkutoko, kami juga memberikan pelatihan cara membuat cemilan yang terbuat dari buah mangrove yang diikuti 30 orang warga,” ujarnya pada Minggu (27/08/2023).

Lebih lanjut salah satu dosen Teknologi Hasil Perikanan, Haslianti menjelaskan bahwa untuk membuat kue cemilan buah mangrove itu diproses dengan cara direbus, setelah matang kemudian di dinginkan dan selanjutnya dikupas kulit buahnya. Jadi isinya itu dijemur, setelah kering lalu di giling menjadi tepung.

” Nah tepung buah mangrove inilah yang didapat dijadikan bahan dasar membuat berbagai makanan cemilan seperti stik,kerupuk, kue lapis, bolu , onde -onde dan jenis makan ringan lainnya sesuai kebutuhan. Selain itu, buah mangrove memiliki kaya manfaat untuk gizi dan kesehatan masyarakat termasuk bagi masyarakat yang sudah Lanjut Usia (Lansia). Sebab buah mangrove juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik,” terang Haslianti kepada media.

BACA JUGA:  Ruksamin Terima Secara Resmi Mahasiswa IAIN di Konut

Sementara selaku Ketua DPL KKN Tematik UHO, Dedy Oetama,S.Pi.,M.Si menambahkan bahwa besarnya potensi sumberdaya pesisir dan laut yang ada di indonesia pada umumnya, khususnya di Kota Kendari Kelurahan Bungkutoko dimana kita ketahui bersama ekosistem mangrove Keluarahan Bungkutoko memiliki ekosistem mangrove dalam kondisi baik.

” Melalui kegiatan KKN Tematik salah satu diantaranya dilaksanakan bimbingan teknis pemanfaatan buah mangrove dari jenis Rhizhopora seperti dalam mengembangkan softskill masyarakat sebagai Mata Pencaharian Altenatif (MPA). Ini merupakan bentuk kontribusi nyata Universitas Halu Oleo kepada masyarakat melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi KKN Tematik,” tutup Dedy sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  Pimpinan BRI Unit Unaaha Disomasi Oleh Warga Penerima PKH

Untuk diketahui, Kegiatan KKN Tematik UHO telah dimulai pada Tanggal 27 Juli 2023 dan berakhir 27 Agustus 2023.

Redaksi

× Chat Redaksi