KADIN Sultra Gagas Perseroan Perorangan, Dorong Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM di Kendari

Ketgam, Wakil Ketua KADIN Sultra Sastra Alamsyah sedang memberikan sambutannya (kiri). foto : istimewa.

Anoapos.com | Kendari – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berupaya terus mendorong peningkatan kapasitas bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). KADIN Sultra kini mulai menyasar para pedagang yang ada di Pasar Wayong Kota Kendari.

Penguatan dilakukan KADIN Sultra dalam mendorong agar seluruh pedagang yang ada di Pasar Wayong memiliki legalitas badan usaha. Badan usaha itu yakni Perseroan Perorangan karena dipandang penting jika pelaku usaha (pedagang) memiliki dokumen tersebut.

Ketua KADIN Sultra melalui Wakil Ketua Umum KADIN Sultra Sastra Alamsyah menjelaskan bahwa KADIN Sultra terus mendorong para pelaku usaha/pedagang agar makin kuat dan tangguh di era saat ini. Salah satunya dengan memfasilitasi memberikan legalitas badan usaha atau Perseroan Perorangan bagi pedagang.

BACA JUGA:  Wabup Konut Resmi Buka STQH Ke-VIII dan LASQI Sekala Besar Ke-V Tahun 2023

“Jika pedagang Pasar Wayong memiliki badan usaha Perseroan Perorangan, itu akan mempermudah untuk mengembangkan jualan dan usaha mereka,” kata Sastra Alamsyah.

Sebagai langkah awal kata Sastra, KADIN bersama dengan Polda Sultra dan Perumda Pasar Kota Kendari melakukan pertemuan dengan para pedagang Pasar Wayong melalui Focus Group Discussion (FGD) pada Jum’at malam 19 Agustus 2023 di Pasar Wayong.

“Dalam FGD itu kami kemas ala pasar agar para pedagang lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan pembuatan Perseroan Perorangan,” ucap Sastra.

Menurut Sastra, dalam pemberian dokumen pedagang tidak dibebankan biaya. Pedagang akan mendapat Perseroan Perorangan secara gratis, cukup menyiapkan KTP, NPWP dan Email maka legalitas tersebut sudah dapat diproses.

BACA JUGA:  Kadin Sultra Bersama BI dan Perumda Pasar Melatih 120 Pegawai Tentang Transaksi Non-Tunai

“Kami akan terus mendorong pelaku usaha pedagang di Pasar Wayong agar makin memiliki nilai tawar dan peningkatan/pengembangan usahanya,” pungkas pria yang baru saja meraih gelar Insinyur di Kota Makassar.

Di tempat yang sama, Direktur Perumda Pasar Kota Kendari Saipuddin mengatakan, dengan adanya pertemuan malam ini bersama dengan KADIN Sultra dan Polda Sultra Bidang Ekonomi dan UMKM akan menjadi peluang besar bagi para pedagang untuk meningkatkan usaha mereka.

“Ini peluang besar bagi pedagang Pasar Wayong untuk mengembangkan usaha apa lagi dibantu dan gratis,” ucap mantan aktivis HMI Provinsi Sultra itu.

Hal senada juga dijelaskan oleh Kompol Rahman Dundu, S.Sos Kasubdit Ekonomi Dit Intelkam Polda Sultra bahwa Polda Sultra siap membantu para pedagang jika mendapatkan hambatan dalam pengurusan Perseroan Perorangan.

BACA JUGA:  Kadin Sultra Ekspor Ikan 51 Ton Ke Jawa Timur

“Kami akan mengawal jika ada hambatan pengurusan dokumen tersebut,” tegas Rahman Dundu saat bersama pedagang Pasar Wayong.

Aras Moita

× Chat Redaksi