DAERAH  

Pemda Konut Terus Komitmen Tangani Masalah Abrasi Pantai di Kec. Sawa

Anoapos.com | Konut – Menindaklanjuti aspirasi dan kebutuhan masyarakat tentang abrasi pantai yang semakin menghawatirkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Selawesi Tenggara (Sultra) di bawah kepemimpinan Ruksamin-Abuhaera (Rabu) melalui program KONASARA, terus melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan abrasi pantai yang terjadi wilayah pesisir pantai di Kecamatan Sawa.

Tentunya, Pemda Konut melalui Dinas Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara berkomitmen untuk alokasi anggaran guna mencegah kerugian yang lebih besar.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dinas BPBD Konut, Muh.Aidin saat dikonfirmasi oleh media pada Sabtu (26/08/2023).

” Mulai tahun 2020, 2021, 2022 sampai tahun 2023 ini pemerintah daerah telah mengucurkan dana anggaran khusus pembangunan dinding penahan ombak di wilayah pesisir Kecamatan Sawa. Untuk pelaksanaan kegiatan itu berjalan secara bertahap dan kerjakan oleh pihak ketiga yakni kontraktor setelah melalui proses lelang,” kata Muh.Aidin.

BACA JUGA:  Wabup Konut Dan Ketua DPRD Buka Porseni di Kec.Lembo

Dikatakan, untuk kegiatan ini anggarannya bersumber dari APBD Konawe Utara. Diharapkan pekerjaan berjalan dengan baik, tepat waktu dan lebih utama adalah kualitas pekerjaan juga baik.

” Dengan adanya dinding penahan ombak, dapat bermanfaat kepada masyarakat terutama keamanan pemukiman warga pesisir dapat terjaga termasuk lahan perkebunan masyarakat juga dapat terlindungi dari hantaman ombak saat cuaca ekstrim,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Pimpinan Adira finance Konawe, Diduga Memberikan Kesaksian Palsu di Pengadilan Agama

Menanggapi hal tersebut, salah satu tokoh masyarakat Bajo, Rusdin,S.Pd mengatakan bahwa upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat nelayan di Desa Laimeo, Ulu Sawa dan Desa Tanjung Laimeo karena Rumah, Pekarang bahkan Kebun dan tanaman masyarakat, sudah terlindungi dari ombak dan abrasi pantai.

” Alhamdulillah dengan upaya Pemda Konut dalam rangka mengatasi terjadinya abrasi pantai sangat membantu dan melindungi masyarakat. Meskipun kita ketahui bersama, tetap perlu ditingkatkan kedepannya agar nanti, dinding penahan ombak ini dapat di manfaatkan untuk keindahan di daerah wisata pesisir,” ucap Rusdin yang diketahui sebagai Sekum Kekar Bajo Kab.Konawe Utara.

BACA JUGA:  Ruksamin Kembali Pimpin TIM URC-KISS Salurkan Makanan Bergizi Beresiko Stunting

Pasalnya, Terima Kasih Pemda Konut yang telah membangun dinding penahan ombak di wilayah pesisir kecamatan Sawa.

Aras Moita

× Chat Redaksi