DAERAH  

Pembangunan Huntap Korban Banjir Di Konut, Segera Bangun

 

IKLAN

Anoapos.com | Konut –
Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Selawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) untuk korban bencana banjir di Konut, segera dibangun di 5 Kecamatan.

“Huntap ini kita sudah lakukan tahapan yang telah dilakukan mulai bulan Januari, jadi sekarang masih tetap persiapan pematangan lokasi pembangunan rumah dan pembongkaran rumah Hunian Sementara (Huntara) di beberapa titik kemudian dalam proses lelang untuk pembangunan fisiknya di 12 titik,” kata Kepala BPBD Konut, Muh.Aidin pada Senin (20/03/2023).

Dikatakan, ke 12 titik dari pembangunan Huntap ada 5 Kecamatan yakni Kecamatan Andowia, Asera, Langgikima, Wiwirano dan Oheo dengan total keseluruhan yang mendapatkan dari BNPB pusat sebanyak 625 unit Huntap yang akan di bangun permanen dan upayakan tahun 2023 secepatnya tuntas sesuai dengan penganggaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA:  JANGKAR SULTRA SOROTI INFLASI, NAIKNYA HARGA SEMBAKO DAN MAHALNYA GAS LPG

Untuk tahapan pembebasan lahannya Kata Muh.Aidin bahwa telah selesai untuk rencana awal, tetapi ada memang beberapa titik yang dilakukan evaluasi karena kebetulan berada dilokasi pemerintah sehingga masyarakat menginginkan supaya dilakukan relokasi ditempat terpisah.

“Nah olehnya itu kalau tidak salah ada dua titik yang belum diselesaikan, tapi diperubahan anggaran kita akan selesaikan semua tetapi untuk proses pembangunannya, itu tetap berjalan karena memang target kita harus segera diselesaikan dalam tahun ini. Yang jelasnya pembayaran dari pembebasan lahan huntap telah diselesaikan ditahun kemarin, “tegasnya.

BACA JUGA:  Ikbar, Menyebut Konawe Utara Daerah Primadona Untuk Sultra

Mantan Kepala Dinas DLH Konut ini menambahkan pembangunan huntap tengah melalui rangkaian beberapa proses lelang dan dipihak ketigakan pembangunan fisiknya dan ini sementara kita lagi proses.

“Harapan kami dari Pemda Konut agar masyarakat yang terdampak banjir kemarin, tetap bersabar dan memberikan dukungan dan semangat, kami dari BPBD khusunya Pemerintah Daerah agar semua ini bisa kita selesaikan sesuai harapan kita bersama, karena tidak bisa hanya Pemerintah tetapi harus bersama-sama dengan masyarakat, kalau ada hal-hal yang kurang konek dilapangan supaya kita komunikasikan dengan baik agar semua proses ini bisa berjalan dengan lancar jangan ada hambatan karena target kita tahun ini harus selesaikan semua dengan tahapannya,” harapnya.

BACA JUGA:  10 Obyek Wisata Paling Menarik Dan Populer Di Konawe Utara

Lanjut, Jika ada tahapan yang terlewatkan maka ada kemungkinan anggaran dana hibah ini bisa saja ditarik kembali kepusat .

Sangat disayangkan kalau kita sudah berupaya selama tiga tahun, Pemerintah Daerah memperjuangkan bersama dengan masyarakat tentang anggaran dari pusat ini, terus nanti dikembalikan. ini sangat disayangkan tentunya yang rugi adalah kita semua terutama masyarakat

“Saya kembali berharap agar tetap bersabar dan memberikan dukungan dari masyarakat untuk kita lakukan percepatan pembangunan,”pungkasnya.

IKLAN
Aras Moita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi